Studi wisata halal pada PT Tursina Tour & Travel Jakarta
Buraidah, Hilmy (2024) Studi wisata halal pada PT Tursina Tour & Travel Jakarta. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_19010036011_HILMY BURAIDAH_LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengetahui perencanaan paket wisata halal di PT Tursina Tours & Travel (2) Mengetahui bagaimana pelaksanaan paket wisata di PT. Tursina Tours & Travel Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data terdiri dari data primer yang diperoleh melalui wawancara, observasi. Sedangkan data sekunder berasal dari dokumen laporan, peraturan-peraturan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan paket wisata halal di PT Tursina Tour & Travel memiliki beberapa tahapan: yaitu (1) perencanaan itenerary, dalam penyusunan itenerary terdapat beberapa tahapan diantaranya; menentukan rute perjalanan, wisatawan, objek wisata, fasilitas dan distribusi waktu paket wisata. (2) perhitungan paket wisata, dalam perhitungan paket wisata terdapat pula beberapa tahapannya yaitu; menentukan tarif objek wisata, fix cost, meals, dan hotel. (3) penyiapan produk paket wisata, tahap paling terakhur dari perencanaan paket wisata yaitu penyiapan produk paket wisata adapun tahapannya antara lain; menyiapkan paket wisata dalam bentuk flyer, pdf dan sof-file. Berdasarkan fungsi tahapan perencanaan PT Tursina Tours & Travel sudah melakukan implementasi yang baik yaitu identifikasi masalah terhadap calon wisatawan, merumuskan dan memilih model yang tepat, menetapkan strategi hal ini menujukan perencanaan paket wisata yang matang dan tersturktur dengan baik. Dalam pelaksanaannya PT Tursina Tours & Travel juga memiliki beberapa tahapan: yaitu (1) penawaran paket wisata halal, dalam penawaran paket wisata mempunyai beberapa tahapan juga yaitu penawaran melalui media online, kunjungan langsung dan open booth dalam pagelaran (expo). (2) follow-up, (3) keberangkatan, dan (4) pasca keberangkatan. Berdasarkan fungsi tahapan pelaksanaannya PT Tursina Tours & Travel sudah melalukan implementasi yang baik yaitu pemberian motivasi, bimbingan, menjalin hubungan, dan penyelenggara komunikasi. implementasi perencanaan dan pelaksanaan di PT Tursina Tours & Travel merupakan upaya strategis untuk meningkatkan menarik lebih banyak wisatawan Muslim, PT Tursina Tours & Travel terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan serta edukasi kepada masyarakat mengenai konsep wisata halal. Dalam pelaksanannya pun paket wisata halal yang ada di PT Tursina Tours & Travel bersifat dinamis dan fleksibel menyesuaikan kebutuhan bagi calon wisatawan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Wisata halal; PT Tursina Tour & Travel |
| Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq) |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD) |
| Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 01:17 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 01:17 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28357 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
