Pengaruh fasilitas terhadap kepuasan jamaah Masjid Raya Baiturrahman Kota Semarang
Suryadi, Afni Mutiara (2025) Pengaruh fasilitas terhadap kepuasan jamaah Masjid Raya Baiturrahman Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_2001036041_Afni Mutiara Suryadi_FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Masjid tidak hanya sebagai rumah ibadah, namun juga sebagai pusat kegiatan serta aktivitas sosial dan pembelajaran umat. Perkembangan zaman menuntut masjid untuk menyediakan fasilitas yang memadai agar dapat meningkatkan kenyamanan dan kepuasan jamaah. Penelitian ini dilaksanakan di Masjid Raya Baiturrahman Kota Semarang yang telah mengalami proses peremajaan bangunan dan penambahan fasilitas secara signifikan. Bersamaan dengan adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh fasilitas yang tersedia terhadap tingkat kepuasan jamaah, serta memberikan masukan bagi pengelolaan masjid agar pelayanan kepada jamaah semakin optimal.
Penelitian ini terdiri dari variabel independent (X) fasilitas dan variabel dependent (Y) kepuasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linier sederhana. Sampel penelitian diambil dengan teknik Probability Sampling yang mempertimbangkan keberagaman responden dari berbagai latar belakang. Sebaran kuesioner kepada 100 jamaah Masjid Raya Baiturrahman Kota Semarang berdasar rumus Cochran yang selanjutnya dianalisis menggunakan software SPSS 25. Instrumen diuji melalui uji validitas dan reliabilitas, serta dilakukan uji asumsi klasik untuk memastikan keabsahan data.
Hasil analisis menunjukkan bahwa fasilitas Masjid Raya Baiturrahman Semarang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan jamaah, dengan tingkat kepuasan dominan pada kategori 'baik' hingga 'sangat baik' (85%–100%). Sebesar 60,9% variasi kepuasan dijelaskan oleh faktor fasilitas, sementara sisanya dipengaruhi oleh variabel lain seperti kualitas pelayanan, informasi, dan keamanan.Temuan ini menegaskan bahwa pengelolaan fasilitas yang baik dapat meningkatkan kepuasan dalam beribadah, serta menjadi acuan penting bagi manajemen masjid dan penelitian selanjutnya di bidang pelayanan keagamaan
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Fasilitas masjid; Kepuasan jamaah; Masjid Raya Baiturrahman Kota Semarang |
| Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places (Masjid). Pilgrims (Haji, Umrah) |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD) |
| Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 01:56 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 01:56 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28362 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
