Strategi promosi wisata religi kebun raya Gunung Tidar Kota Magelang
Lestari, Nissa (2025) Strategi promosi wisata religi kebun raya Gunung Tidar Kota Magelang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_2101036063_Nissa Lestari_Skripsi Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Wisata religi menjadi sebuah tren yang banyak diminati oleh masyarakat saat ini. Wisata religi sangat kental berhubungan dengan kearifan lokal dan keindahan alam yang menakjubkan terletak di Kota Magelang. Kebun Raya Gunung Tidar disebut sebagai Pakuning Tanah Jawa atau titik tengahnya Pulau Jawa memiliki wisata religi berupa adanya petilasan Maqom Syekh Subakir, Kyai Sepanjang (Tombak sepanjang 7m) dan Mbah Semar. Ketiganya telah mengukir Sejarah dan berjasa pada dakwahnya Islam di Pulau Jawa. Banyak wisatawan domestik dan mancanegara berkunjung ke Kebun Raya Gunung Tidar untuk berziarah sekaligus menikmati pemandangan alam yang ada di Bukit Tidar.
Strategi promosi dan daya tarik yang ada di Kebun Raya Gunung Tidar menjadi kunci bagi Unit Pengelola Teknis (UPT) KRGT dalam meningkatkan eksistensi wisata dan meningkatkan jumlah kunjungan. Berdasarkan hal tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis strategi promosi yang dilakukan oleh Unit Pengelola Teknis (UPT) Kebun Raya Gunung Tidar pada wisata religi Kebun Raya Gunung Tidar Kota Magelang 2) Untuk menganalisis daya tarik yang ada di wisata religi Kebun Raya Gunung Tidar dalam meningkatkan jumlah pengunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Peneliti menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer diperoleh dari wawancara dengan UPT KRGT bagian media informasi, juru kunci, masyarakat sekitar, pedagang, dan pengunjung. Sedangkan, Sumber data sekunder diperoleh dari jurnal, buku, majalah, artikel, koran internet dan sumber data lain yang dapat dijadikan sebagai data pelengkap dalam penelitian.
Peneliti menggunkan analisis SWOT untuk menganalisis strategi promosi terbaik yang dilakukan oleh UPT KRGT dan untuk mengetahui daya Tarik yang terdapat pada wisata religi KRGT berpotensi untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) Strategi promosi menggunakan bauran promosi (Promotion Mix) berada pada Kuadran I yaitu strategi Growth (perkembangan) yang dilakukan UPT Kebun Raya Gunung Tidar 2) Kebun Raya Gunung Tidar memiliki daya tarik berupa arsitektur bagunan Maqam, Sejarah, budaya religi, keindahan alam dan sarana dan fasilitas yang lengkap, spot foto, akses jalan yang baik, lokasi yang strategis di tengah-tengah kota, dan dekat dengan banyak penginapan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Promosi; Wisata religi; Kebun Raya Gunung Tidar |
| Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD) |
| Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 06:10 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 06:10 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28386 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
