Strategi pemasaran halal food dalam meningkatkan pengunjung di destinasi wisata religi Sam Poo Kong Semarang
Hikmah, Nurul (2025) Strategi pemasaran halal food dalam meningkatkan pengunjung di destinasi wisata religi Sam Poo Kong Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_2101036075_NURUL HIKMAH_FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Indonesia berhasil meraih posisi teratas sebagai destinasi wisata ramah Muslim terbaik menurut Global Muslim Travel Index (GMTI) selama dua tahun berturut-turut. Hal ini mencerminkan adanya upaya nyata dalam menyediakan fasilitas bagi wisatawan Muslim yang salah satunya yaitu ketersediaan makanan halal. Untuk itu, dalam penelitian ini, peneliti tertarik melakukan penelitian mendalam terhadap Sam Poo Kong yang menjadi salah satu destinasi unggulan yang menggabungkan nilai sejarah, budaya, dan religi yang membuat banyak wisatawan tertarik berkunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran halal food yang diterapkan, menganalisis, dan mengevaluasi strategi pemasaran halal food dalam meningkatkan pengunjung di destinasi Sam Poo Kong.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan menggunakan teknik pengum pulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan informan- informan yang relevan seperti, pengelola, pedagang, dan wisawtan yang berkunjung.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa destinasi wisata religi Sam Poo Kong sudah menerapkan strategi pemasaran halal food dalam meningkatkan pengunjung secara efektif meskipun masih terdapat beberapa catatan. Strategi ini mencangkup aspek produk, harga, tempat, dan promosi yang menekankan nilai- nilai kehalalan dan thayyib, serta dapat memenuhi kebutuhan wisatawan khususnya wisatawan Muslim. Selain itu, penyelenggaraan event atau bazar kuliner menjadi salah satu srategi pemasran yang terbukti efektif menarik minat wisatawan. Dengan strategi yang sudah diterapkan, menghasilkan citra positif sebagai destinasi ramah Muslim, memberikan rasa nyaman bagi wisatawan Muslim, dan meningkatkan durasi kunjungan yang terbukti menjadi kekuatan utama dalam meningkatkan pengunjung
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi pemasran; Halal food; Wisata Sam Poo Kong |
| Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq) |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD) |
| Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 06:33 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 06:33 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28389 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
