Perubahan motif wisata religi kalangan generasi Z di Makam Nyai Hamdanah Kudus
Maghfirotunnisa, Maghfirotunnisa (2025) Perubahan motif wisata religi kalangan generasi Z di Makam Nyai Hamdanah Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_2101036110_MAGHFIROTUNNISA_LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Maghfirotunnisa (2101036110). Skripsi ini berjudul “Perubahan Motif Wisata Religi Kalangan Generasi Z di Makam Nyai Hamdanah Kudus”.
Makam Nyai Hamdanah Kudus merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di media sosial karena dipercaya sebagai wasilah mendapatkan jodoh yang sholeh-sholehah. Konten viral mengenai keberkahan makam tersebut menarik banyak peziarah khususnya generasi Z untuk datang berziarah. Jika sebelumnya ziarah lebih berfokus pada aspek spiritual dan mengingat kematian, kini generasi Z melakukannya dengan berbagai tujuan, misalnya: mencari keberkahan jodoh, mengikuti tren media sosial, atau sekadar membuat konten. Hal ini menunjukkan adanya perubahan motif ziarah di kalangan generasi Z, khususnya di Makam Nyai Hamdanah Kudus.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perubahan motif ziarah di kalangan generasi Z pada Makam Nyai Hamdanah Kudus serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan motif ziarah di makam tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dalam pengumpulan datanya, serta menggunakan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ziarah di Makam Nyai Hamdanah mengalami perubahan motif di kalangan generasi Z. Awalnya, ziarah dilakukan untuk tujuan religius seperti tawasul dan tabarukan. Namun, di kalangan generasi Z, motif tersebut telah berkembang menjadi lebih beragam termasuk meminta wasilah jodoh, hingga mengikuti tren di media sosial yang didorong karena FOMO. Perubahan motif tersebut dipengaruhi oleh tiga faktor utama, yaitu: sosial, religiusitas, dan psikologis. Faktor sosial dipengaruhi oleh media sosial yang mempopulerkan makam tersebut dan menciptakan tren yang diikuti oleh generasi muda. Faktor religiusitas berkaitan dengan keyakinan dan keberkahan akan Nyai Hamdanah, khususnya dalam hal jodoh yang didukung oleh ijazah dari seorang ulama. Faktor psikologis melibatkan kecemasan generasi Z terkait jodoh yang mendorong mereka mencari solusi melalui ziarah. Fenomena ini menunjukkan bahwa motif ziarah kini tidak hanya bersifat spiritual, tetapi juga terkait dengan pengaruh sosial dan psikologis yang berkembang di masyarakat.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Wisata Religi; Generasi Z; Makam Nyai Hamdanah Kudus |
| Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.261 Islam and philosophy |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD) |
| Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 07:08 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 07:08 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28397 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
