Manajemen sekolah dalam pengembangan karakter kreatif dan mandiri siswa melalui P5 kearifan lokal di MA NU AL Hikmah Polaman
Fadzila, Zidan Rizki (2025) Manajemen sekolah dalam pengembangan karakter kreatif dan mandiri siswa melalui P5 kearifan lokal di MA NU AL Hikmah Polaman. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_2103036003_Zidan Rizki Fadzila_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Manajemen sekolah yang efektif merupakan kunci keberhasilan dalam pelaksanaan pendidikan, yang melibatkan peran optimal dari seluruh komponen sekolah. Dengan sistem yang terencana dan pemanfaatan sumber daya secara maksimal, manajemen sekolah dapat memastikan proses pendidikan berjalan lancar dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin yang kontekstual dan berbasis pada kebutuhan masyarakat serta permasalahan di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui: Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan manajemen sekolah dalam pengembangan karakter kreatif dan mandiri siswa melalui P5 Kearifan Lokal di MA NU Al Hikmah. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan P5 Kearifan Lokal di MA NU Al Hikmah dilakukan secara sistematis untuk mengembangkan karakter kreatif dan mandiri siswa. Perencanaan ini melibatkan guru, wakil kepala sekolah, dan kepala sekolah dalam rapat awal tahun ajaran untuk menentukan tema, jadwal, dan metode pelaksanaan, 2) Pengorganisasian dalam kegiatan P5
Kearifan Lokal di MA NU Al Hikmah melibatkan pembagian tugas dan tanggung jawab antara kepala sekolah dan guru untuk memastikan kelancaran program, 3) Pelaksanaan P5 Kearifan Lokal di MA NU Al Hikmah berjalan sesuai dengan perencanaan yang sistematis dan didukung oleh berbagai aspek manajemen sekolah, seperti kurikulum, pendidik, hubungan dengan masyarakat, serta sarana prasarana, 4) Pengawasan dalam pelaksanaan program P5 Kearifan Lokal dilakukan oleh kepala sekolah dan guru untuk memastikan kegiatan berjalan sesuai rencana dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Manajemen sekolah; Profil pelajar pancasila |
| Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
| Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 02:31 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 02:31 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28408 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
