Manajemen konflik antar siswa di SMP Al-Hikmah Cepu Blora
Fauziyah, Shabrina (2025) Manajemen konflik antar siswa di SMP Al-Hikmah Cepu Blora. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_2103036006_Shabrina Fauziyah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Interaksi yang tinggi antar siswa di SMP Al-Hikmah Cepu Blora yang berbasis full day dan boarding school, dapat meningkatkan intensitas terjadinya konflik. Konflik seringkali muncul dari masalah kecil yang diperbesar oleh kesalahpahaman ataupun ketidakmampuan siswa dalam mengelola emosi. Manajemen konflik antar siswa diperlukan untuk meredakan atau menyelesaikan konflik secara efektif, sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara komprehensif bagaimana manajemen konflik antar siswa di SMP Al-Hikmah Cepu Blora.
Permasalahan yang diteliti mengenai, (1) Apa saja jenis konflik yang terjadi pada siswa di SMP Al-Hikmah Cepu Blora dan penyebabnya; (2) Bagaimana manajemen konflik antar siswa di SMP Al-Hikmah Cepu Blora. Dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dideskripsikan berdasarkan data dari lapangan, dengan informan yaitu kepala sekolah, waka kesiswaan, dan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) Jenis konflik yang terjadi antar siswa di SMP Al-Hikmah Cepu Blora, meliputi konflik bullying dan perkelahian. Konflik bullying terjadi disebabkan oleh faktor emosional, seperti rasa ketidaksukaan, perasaan marah dan bentrokan kepribadian. Adapun konflik perkelahian terjadi karena ejek-ejekan, perkataan kasar, ataupun sikap egois. Dalam konflik tersebut terdapat jenis konflik interpersonal dan konflik intra-kelompok; (2) Manajemen konflik antar siswa di SMP Al-Hikmah Cepu Blora dapat dikatakan cukup baik, hal ini ditunjukkan dengan adanya program preventif, serta manajemen konflik yang dilakukan dengan accomoding (akomodasi), compromising (kompromi), dan collaborating (kolaborasi) yang berjalan cukup efektif dalam mencegah terjadinya konflik, serta dalam menyelesaikan konflik antar siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Manajemen konflik; Siswa; Pendidikan |
| Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
| Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 02:41 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 02:41 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28410 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
