Peran Rumah Pintar Bangjo dalam pendidikan anak rentan : studi di daerah Pasar Johar Kota Semarang
Abdillah, Nizar (2025) Peran Rumah Pintar Bangjo dalam pendidikan anak rentan : studi di daerah Pasar Johar Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_2006026102_Nizar_Abdillah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Fenomena anak rentan di kawasan Pasar Johar Semarang menjadi permasalahan sosial yang membutuhkan perhatian khusus, terutama terkait pemenuhan hak pendidikan dan perlindungan anak. Anak-anak yang hidup di lingkungan pasar sering kali menghadapi berbagai risiko seperti kekerasan, eksploitasi, dan keterbatasan akses pendidikan formal. Rumah Pintar Bangjo hadir sebagai inisiatif sosial yang bertujuan memberikan pendampingan, pendidikan nonformal, serta pengembangan karakter bagi anak-anak rentan agar mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Rumah Pintar Bangjo dalam pendidikan anak rentan di Pasar Johar Kota Semarang dan bagaimana dampak pendidikan terhadap anak rentan di Pasar Johar Kota Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan relawan, pengelola, dan anak-anak binaan Rumah Pintar Bangjo, serta dokumentasi kegiatan. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif untuk memahami strategi, proses pendampingan, serta dampak dari program pendidikan yang dijalankan oleh Rumah Pintar Bangjo terhadap anak-anak rentan di Pasar Johar Semarang. Penelitian ini mendasarkan analisisnya pada teori peran yang dikembangkan oleh Biddle dan Thomas. Teori ini digunakan sebagai landasan konseptual dalam memahami bagaimana individu menjalankan peran-peran sosial yang melekat pada posisinya dalam suatu struktur masyarakat tertentu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Pintar Bangjo berperan signifikan dalam meningkatkan akses pendidikan, keterampilan sosial, dan penguatan karakter anak-anak rentan. Strategi Rumah Pintar dalam pendidikan anak rentan yang digunakan yaitu; tahap penjangkauan, tahap identifikasi, tahap home visit, tahap assessment, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi dan tahap terminasi. Program yang dijalankan dapat meningkatkan keterampilan interpersonal, membentuk karakter yang baik, mengembangkan pengetahuan, dan mendapatkan layanan konseling untuk anak dampingan. Selain itu, Rumah Pintar Bangjo juga menjadi agen perubahan sosial yang membantu anak-anak mengadopsi peran sosial baru yang lebih konstruktif dan diterima oleh masyarakat. Temuan ini merekomendasikan dukungan berkelanjutan dari berbagai pihak untuk memperkuat keberlanjutan program pendidikan bagi anak-anak rentan.
ABSTRACT:
The presence of vulnerable children in the Johar Market area of Semarang represents a critical social concern, particularly in relation to the fulfillment of children's rights to education and protection. Children residing in market environments are frequently exposed to risks such as violence, exploitation, and restricted access to formal education. In response, Bangjo Smart House was established as a social initiative to provide non-formal education, psychosocial support, and character development for these at-risk children, aiming to foster their holistic growth and integration into society. This study seeks to analyze the strategic approaches adopted by Bangjo Smart House in educating vulnerable children and to assess the educational impact of its programs on the beneficiaries.
A qualitative research design was employed using a case study approach. Data were gathered through participant observation, in-depth interviews with volunteers, program coordinators, and participating children, as well as a review of program documentation. Data analysis was conducted using a descriptive qualitative method, enabling a comprehensive understanding of the intervention strategies, mentoring processes, and educational outcomes associated with the Bangjo Smart House programs. The theoretical framework guiding this study is role theory, as conceptualized by Biddle and Thomas, which provides a lens for examining how individuals internalize and perform social roles within specific structural contexts.
The findings indicate that Bangjo Smart House plays a pivotal role in expanding educational access, enhancing social competencies, and fostering character development among vulnerable children. Its structured intervention strategy comprises several stages: outreach, identification, home visits, assessment, planning, implementation, evaluation, and termination. These stages collectively contribute to improved interpersonal skills, increased knowledge acquisition, the development of constructive social behaviors, and the provision of counseling services. Moreover, the initiative functions as a transformative social agent, facilitating the adoption of more adaptive and socially integrated roles by the children. The study recommends continued multisectoral support to ensure the sustainability and scalability of educational programs targeting vulnerable youth populations.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Rumah pintar; Pendidikanl; Anak rentan |
| Subjects: | 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi |
| Depositing User: | Miswan Miswan |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 02:51 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 02:51 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28412 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
