Manajemen ekstrakurikuler pramuka dalam mengembangkan karakter kerja keras dan cinta tanah air di MI Takhasus Darul Ulum Semarang
Nuha, Khoirun (2025) Manajemen ekstrakurikuler pramuka dalam mengembangkan karakter kerja keras dan cinta tanah air di MI Takhasus Darul Ulum Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_2103036032_Khoirun Nuha_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Karakter kerja keras dan cinta tanah air sangat penting dalam membentuk kepribadian siswa, karena sikap kerja keras mendorong siswa untuk belajar dengan tekun dan menyelesaikan tugas dengan penuh semangat. Sementara itu, menanamkan nilai cinta tanah air mengajarkan siswa untuk menghargai, melestarikan budaya, serta menjaga lingkungan. Salah satu upaya pengembangan karakter tersebut di MI Takhasus Darul Ulum dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Kegiatan ini membekali siswa untuk menjadi individu yang disiplin, bertanggung jawab, dan mandiri. Melalui berbagai kegiatan, seperti perkemahan, baris berbaris, serta upacara pembukaan dan penutupan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan dalam mengembangkan karakter kerja keras dan cinta tanah air melalui ekstrakurikuler pramuka di MI Takhasus Darul Ulum Ngaliyan Semarang. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif peneliti dalam memperoleh data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti dalam menguji keabsahan data menggunakan tekhnik triangulasi sumber dan teori.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan ekstrakurikuler pramuka di MI Takhasus Darul Ulum dilakukan secara terstruktur yang dilakukan setiap awal tahun ajaran yang melibatkan kepala madrasah, guru, dan tenaga kependidikan untuk membahas penyusunan program gugus depan, program tahunan, semesteran, bulanan, dan mingguan. 2) Pengorganisasian ekstrakurikuler pramuka di MI Takhasus Darul Ulum melibatkan pembagian tugas dan tanggung jawab bagi pembina untuk memastikan kelancaran program. 3) Pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di MI Takhasus Darul Ulum berjalan sesuai perencanaan yang terstruktur dan sesuai visi dan misi kegiatan ekstrakurikuler yaitu mengembangkan potensi, minat, dan bakat siswa. Hal ini dapat dilihat karakter kerja keras siswa mengerjakan semua tugas dengan baik dan tepat waktu, tidak putus asa dalam menghadapi berbagai tantangan, dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi kesulitan. Sementara itu, karakter cinta tanah air dapat dilihat siswa menghomati jasa para pahlawan nasional, bersedia memakai produk dalam negeri, menghargai keindahan alam serta budaya Indonesia, menghafal lagu-lagu nasional, memilih untuk berwisata dalam negeri. 4) Pengawasan ekstrakurikuler pramuka di MI Takhasus Darul Ulum dilakukan oleh kepala madrasah dan pembina pramuka guna memastikan bahwa seluruh kegiatan yang berlangsung sesuai dengan rencana serta mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Eksrakurikuler pramuka; Karakter |
| Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369 |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
| Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 04:00 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 04:00 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28419 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
