Manajemen mutu pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa tuna daksa di SDLB Negeri Kendal

Hidayanti, Novi Rizki (2025) Manajemen mutu pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa tuna daksa di SDLB Negeri Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2103036088_NOVI RIZKI HIDAYANTI_FULL] Text (Skripsi_2103036088_NOVI RIZKI HIDAYANTI_FULL)
Skripsi_2103036088_NOVI RIZKI HIDAYANTI_FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Manajemen mutu pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa tunadaksa di SDLB Negeri Kendal. Penelitian ini dilatar belakangi oleh tujuan suatu pembelajaran yang berhasil dengan adanya mutu yang telah direncanakan dan dikembangkan. Mutu pembelajaran merupakan proses yang telah dipersiapakan dan direncanakan dengan strategi yang ada, di ajarkan ke peserta didik dengan cara khusus supaya mem peroleh hasil yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memgetahui mutu perencanaan, pelaksanaaan, pemeriksaan, dan tindakan selanjutnya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif melalui wawancara, observasi, dan dokumesntasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDLB Negeri Kendal telah menerapkan manajemen pembelajaran bersama melalui beberapa strategi utama, yaitu perencanaan pembelajaran yang menargetkan kebutuhan siswa tunadaksa, pelaksanaan pembelajaran yang fleksibel, serta evaluasi berkelanjutan terhadap proses dan hasil belajar siswa. Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan menyusun program bina gerak yang disesuaikan dengan kondisi kognitif, afektif dan psikomotorik dengan praktek yang mencakup tiga kondisi tersebut. Dalam pelaksanaannya, guru menggunakan metode pembelajaran berulang ulang untuk pencapaiannya. Evaluasi pembelajaran dilakukan secara formatif dan sumatif dengan mempertimbangkan perkembangan individu siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen mutu pembelajaran; Hasil belajar;Tunadaksa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 25 Nov 2025 06:29
Last Modified: 25 Nov 2025 06:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28426

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics