Habituasi program wajib baca dalam proses belajar siswa : studi pada siswa SMP Negeri 2 Mojogedang Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah
Kurniawati, Anggi Anggraini (2025) Habituasi program wajib baca dalam proses belajar siswa : studi pada siswa SMP Negeri 2 Mojogedang Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_2106026034_Anggi_Anggraini_Kurniawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Habituasi merupakan sesuatu yang sengaja dilakukan secara berulang-ulang agar sesuatu itu menjadi kebiasaan. Habituasi program wajib baca merupakan sebuah program yang memiliki tujuan untuk menanamkan kebiasaan membaca, dengan kebiasaan membaca tersebut diharapkan dapat menambah kemampuan membaca siswa. Pembiasaan wajib baca akan menstimulasi kemampuan kognitif, meningkatkan daya ingat, dan memperkuat pemahaman terhadap materi pelajaran. Sehingga, pembiasaan wajib baca dapat berdampak pada proses belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pelaksanaan program wajib baca dan dampak pelaksanaan program wajib baca terhadap proses belajar siswa di SMP Negeri 2 Mojogedang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan yang berada di SMP Negeri 2 Mojogedang Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah dengan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif yang berorientasi pada pelaksanaan program wajib baca. Data penelitian yang peneliti peroleh menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik Purposive yaitu melakukan pertimbangan dalam menentukan informan. Data penelitian dianalisis menggunakan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Teori Struktural Fungsional oleh Talcott Parsons.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum pelaksanaan program wajib baca di SMP Negeri 2 Mojogedang, sekolah melakukan persiapan pra pelaksanaan dan sosialisasi pra pelaksanaan program wajib baca kepada siswa dan orang tua. Habituasi program wajib baca dilaksanakan dengan menerapkan wajib baca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai dan wajib baca 40 judul buku setiap satu tahun. Kemudian, guru juga berperan aktif dalam pelaksanaan program wajib baca yaitu sebagai motivator, teladan, fasilitator, dan pengawas. Adapun, habituasi program wajib baca memiliki dampak terhadap proses belajar yaitu membentuk kebiasaan membaca siswa serta meningkatkan konsentrasi dan keaktifan siswa pada proses belajar. Siswa yang telibat kegiatan membaca secara rutin atau terus-menerus bahkan terjadwal membuat siswa memiliki pengetahuan yang luas. Program wajib baca tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa tentang materi atau bahan pembelajaran, namun juga membentuk kebiasaan membaca, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, keterampilan berbahasa dan mengembangkan kemampuan kognitif siswa. Kemampuan kognitif yang berkembang melalui program wajib baca tidak hanya mencakup pemahaman dan analisis, akan tetapi juga berpikir logis dan sistematis. Program wajib baca juga berdampak pada peningkatan konsentrasi dan keaktifan siswa dalam belajar.
ABSTRACT:
Habituation is something that is deliberately done repeatedly so that something becomes a habit. Habituation of the compulsory reading program is a program that aims to instill the habit of reading, with the habit of reading is expected to increase students' reading ability. The habit of compulsory reading will stimulate cognitive abilities, improve memory, and strengthen understanding of subject matter. Thus, the habit of compulsory reading can have an impact on the student learning process. This study aims to analyze and find out the implementation of the compulsory reading program and the impact of the implementation of the compulsory reading program on the learning process of students at SMP Negeri 2 Mojogedang.
This research uses a type of field research located at SMP Negeri 2 Mojogedang, Karanganyar Regency, Central Java with qualitative methods and descriptive approaches oriented to the implementation of the compulsory reading program. Research data obtained by researchers using interview techniques, observation, and documentation. In this study, researchers used purposive techniques, namely making considerations in determining informants. The research data were analyzed using four stages, namely data collection, data reduction, data presentation and conclusion drawing. Data analysis in this study uses Functional Structural Theory by Talcott Parsons.
The results showed that before the implementation of the compulsory reading program at SMP Negeri 2 Mojogedang, the school conducted pre-implementation preparation and pre-implementation socialization of the compulsory reading program to students and parents. Habituation of the compulsory reading program is carried out by implementing compulsory reading 15 minutes before learning begins and compulsory reading of 40 book titles every year. Then, teachers also play an active role in the implementation of the compulsory reading program, namely as motivators, role models, facilitators, and supervisors. Meanwhile, the habituation of the compulsory reading program has an impact on the learning process, namely forming students' reading habits and increasing students' concentration and activeness in the learning process. Students who are involved in reading activities regularly or continuously and even scheduled make students have broad knowledge. The compulsory reading program not only improves students' understanding of learning materials, but also forms reading habits, develops critical thinking skills, language skills and develops students' cognitive abilities. The cognitive abilities developed through the compulsory reading program include not only comprehension and analysis, but also logical and systematic thinking. The compulsory reading program also has an impact on increasing students' concentration and activeness in learning.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Habituasi; Program wajib baca; Proses belajar; SMP |
| Subjects: | 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 028 Reading, use of other information media |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi |
| Depositing User: | Miswan Miswan |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 06:50 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 06:50 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28429 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
