Manajemen pemasaran jasa pendidikan dengan marketing mix 7P dalam meningkatkan citra Pondok Pesantren Life Skill Daarun Najaah Semarang
Latifah, Neni (2025) Manajemen pemasaran jasa pendidikan dengan marketing mix 7P dalam meningkatkan citra Pondok Pesantren Life Skill Daarun Najaah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_2103036096_NENI LATIFAH_FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pemasaran jasa pendidikan diterapkan dalam meningkatkan citra Pondok Pesantren Life Skill Daarun Najaah Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.
Objek penelitian ini adalah manajemen pemasaran jasa pendidikan di Pondok Pesantren Life Skill Daarun Najaah Semarang, subjek penelitian meliputi pengasuh, pengurus, dan santri yang terlibat dalam kegiatan Pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Life Skill Daarun Najaah Semarang menerapkan strategi pemasaran marketing mix 7P(product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence). Product berupa kegiatan pendidikan dan life skill, seperti kajian falak tematik dan kewirausahaan, price yaitu biaya operasional pondok, place berupa lokasi pondok yang strategis, promotion secara langsung dan melalui media sosial, people adalah pengasuh, ustadz dan ustadzah, pengurus dan santri, process meliputi kegiatan pembelajaran dan pelayanan, dan physical evidence seperti aula yang digunakan dalam proses pembelajaran. Strategi ini secara efektif membangun citra positif pesantren di masyarakat, ditunjukkan dengan banyak minat santri dan kepercayaan publik pada kualitas pendidikan dan keterampilan yang ditawarkan. Penelitian ini merekomendasikan penguatan strategi digital marketing dan optimalisasi peran alumni dalam memperluas jaringan promosi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Manajemen pemasaran; Jasa pendidikan; Citra lembaga |
| Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
| Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 06:29 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 06:29 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28443 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
