Representasi bahagia keluarga baru dalam drama Korea : studi pada drama Korea Queen of Tears
Ningrum, Putri Chahya (2025) Representasi bahagia keluarga baru dalam drama Korea : studi pada drama Korea Queen of Tears. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_2106026115_Putri_Chahya_Ningrum.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Representasi bahagia dalam media, khususnya dalam drama Korea, menjadi objek kajian yang menarik karena mampu membentuk persepsi masyarakat mengenai kehidupan dan hubungan sosial. Drama Korea "Queen of Tears" merupakan salah satu contoh yang menggambarkan dinamika kebahagiaan keluarga baru melalui berbagai konflik emosional yang dihadapi oleh tokoh utama, Baek Hyun-woo dan Hong Hae-in. Kebahagiaan dalam drama ini digambarkan melalui interaksi sosial, simbol-simbol emosional, dan elemen visual seperti ekspresi wajah, musik, dan warna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kebahagiaan direpresentasikan dalam drama tersebut serta bagaimana elemen media membentuk pemahaman penonton tentang kebahagiaan keluarga.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis representasi kebahagiaan dalam drama Korea "Queen of Tears" melalui perspektif interaksi simbolik Mead. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis kualitatif dengan pendekatan netnografi. Data dikumpulkan melalui observasi langsung terhadap adegan-adegan dalam drama serta adapun analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik ASM (Analisis Media Siber) dengan cara mengunakan dua unit analisis yaitu mikro dan makro. Dalam drama Queen of Tears membangun makna kebahagiaan dalam konteks keluarga baru. Penelitian ini juga mengacu pada teori Interaksi simbolik George Herbert Mead (Mead 1934/1962), untuk mengkaji bagaimana pesan-pesan kebahagiaan disampaikan kepada penonton dan bagaimana hal tersebut dapat mempengaruhi persepsi mereka tentang hubungan keluarga.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa drama Queen of Tears menggambarkan kebahagiaan sebagai proses kompleks dan dinamis. Kebahagiaan tidak hanya hadir dalam momen romantis, tetapi juga melalui adaptasi, komunikasi, dan dukungan pasangan dalam menghadapi kesulitan. Temuan ini menunjukkan bahwa kebahagiaan bersifat berkembang seiring dengan penyelesaian konflik tokoh-tokohnya, didukung oleh simbol visual seperti senyuman, tatapan penuh kasih, dan latar musik lembut. Dalam perspektif teori interaksi simbolik George Herbert Mead, kebahagiaan dalam Queen of Tears merupakan konstruksi sosial yang terbentuk melalui komunikasi dan interaksi.
ABSTRACT:
The representation of happiness in media, particularly in Korean dramas, is an interesting subject of study as it shapes public perception of life and social relationships. The Korean drama Queen of Tears serves as an example that illustrates the dynamics of happiness within a new family through various emotional conflicts faced by the main characters, Baek Hyun-woo and Hong Hae-in. In this drama, happiness is portrayed through social interactions, emotional symbols, and visual elements such as facial expressions, music, and colors. This study aims to analyze how happiness is represented in the drama and how media elements shape the audience’s understanding of family happiness.
This research seeks to identify and analyze the representation of happiness in the Korean drama Queen of Tears through the lens of Mead’s symbolic interactionism. The study employs a qualitative research method with a netnographic approach. Data is collected through direct observation of scenes in the drama, while data analysis utilizes Cyber Media Analysis (ASM) techniques, employing both micro and macro analytical units. Queen of Tears constructs the meaning of happiness in the context of a new family. This study also refers to George Herbert Mead’s (Mead 1934/1962) theory of symbolic interactionism to examine how messages of happiness are conveyed to the audience and how these messages influence their perception of family relationships.
The findings indicate that Queen of Tears portrays happiness as a complex and dynamic process. Happiness is not only present in romantic moments but also emerges through adaptation, communication, and mutual support between partners in overcoming challenges. The results show that happiness evolves as characters resolve conflicts, reinforced by visual symbols such as smiles, affectionate gazes, and soft background music. From the perspective of George Herbert Mead’s symbolic interactionism theory, happiness in Queen of Tears is a social construct formed through communication and interaction.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Representasi bahagia; Keluarga baru; Drama Korea |
| Subjects: | 300 Social sciences > 306 Culture and institutions |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi |
| Depositing User: | Miswan Miswan |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 07:19 |
| Last Modified: | 28 Nov 2025 07:19 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28461 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
