Manajemen projek penguatan profil pelajar pancasila di MI Miftahul Akhlaqiyah Kota Semarang

Agustien, Tiara (2025) Manajemen projek penguatan profil pelajar pancasila di MI Miftahul Akhlaqiyah Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2103036101_Tiara Agustien_Lengkap Tugas Akhir - Tiara Agustien] Text (Skripsi_2103036101_Tiara Agustien_Lengkap Tugas Akhir - Tiara Agustien)
Skripsi_2103036101_Tiara Agustien_Lengkap Tugas Akhir - Tiara Agustien.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Sistem pendidikan di Indonesia dihadapkan pada tantangan besar dalam membentuk generasi yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga memiliki karakter kuat dan mampu beradaptasi dengan dinamika zaman. Kurikulum Merdeka merespons tantangan ini melalui pembelajaran berbasis projek, khususnya melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pengorganiasian, pelaksanaan, dan pengawasan program proyek penguatan profil pelajar pancasila di MI Miftahul Akhlaqiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus di MI Miftahul Akhlaqiyah Kota Semarang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pelaksanaan P5 di MI Miftahul Akhlaqiyah Kota Semarang dimulai dari perencanaan yang mengacu pada visi, misi, dan tujuan madrasah. Proses perencanaan ini meliputi pembentukan tim pelaksana, penilaian kesiapan lembaga, pengaturan alokasi waktu, pemilihan tema, serta penyusunan modul projek. Pengorganisasian dilakukan dengan membagi tugas dan tanggung jawab secara terstruktur, serta memastikan ketersediaan sumber daya dan pendanaan untuk kelangsungan program. Pelaksanaan P5 terdiri dari tahapan pengenalan, kontekstualisasi, aksi, refleksi, dan tindak lanjut. Sementara itu, pengawasan dilakukan secara berlapis, mulai dari kepala madrasah, koordinator, hingga guru kelas, dengan fokus pada keberhasilan pelaksanaan, analisis hambatan, dan penilaian karakter siswa yang ditekankan pada proses dan dilaporkan secara deskriptif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Profil pelajar pancasila
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 01 Dec 2025 02:21
Last Modified: 01 Dec 2025 02:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28468

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics