Penggunaan media sosial Instagram sebagai wadah informasi mahasiswa : studi pada akun @pesan_uinws

Nasrullah, Davin Yusuf (2025) Penggunaan media sosial Instagram sebagai wadah informasi mahasiswa : studi pada akun @pesan_uinws. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2106026130_Davin_Yusuf_Nasrullah] Text (Skripsi_2106026130_Davin_Yusuf_Nasrullah)
Skripsi_2106026130_Davin_Yusuf_Nasrullah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Akun Instagram @pesan_uinws merupakan akun Instagram yang digunakan mahasiswa sebagai wadah informasi yang sangat signifikan. Akun @pesan_uinws berisi berbagai informasi seputar peristiwa yang terjadi di dalam maupun di sekitar kampus, misalnya info mengenai tempat kos dan kontrakan untuk mahasiswa yang memerlukan, pengumuman barang hilang, serta peluang lowongan kerja bagi mahasiswa yang ingin memanfaatkan waktu luangnya, ruang untuk mahasiswa untuk mencurahkan unek-uneknya, sekaligus sebagai wadah bagi perusahaan untuk memperkenalkan produk atau jasanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara akun @pesan_uinws dalam menyampaikan informasi kepada mahasiswa. Terdapat dampak ekonomi, dampak sosial, dan dampak budaya dari adanya akun Instagram @pesan_uinws.
Jenis penelitian media dengan metode kualitatif dan pendekatan netnografi digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana cara akun Instagram @pesan_uinws dalam menyampaikan informasi kepada mahasiswa. Terdapat dua sumber dalam penelitian ini, yaitu sumber data primer dari hasil wawancara dan observasi pada admin akun Instagram @pesan_uinws dan juga pengikut akun @pesan_uinws serta sumber data sekunder dari media, buku, artikel jurnal, dan lainnya. Ada juga metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori New Media milik Pierre Levy, menyiratkan bahwa teori New Media mengkaji tentang evolusi media.
Dalam penelitian ini, hasil yang didapatkan adalah cara akun Instagram @pesan_uinws, berbagai fitur Instagram seperti unggahan, story, dan DM (direct message) dimanfaatkan untuk menciptakan komunikasi yang dinamis. Melalui direct message pengguna dapat menyalurkan informasinya, perancangan tampilan grafis, hingga proses publikasi berdasarkan antrean. Dari aspek dampak sosial, @pesan_uinws telah sukses menumbuhkan rasa solidaritas dan kekompakan di antara mahasiswa lintas fakultas dan angkatan, memperluas jaringan pertemanan. Dari sisi ekonomi, meskipun pemasukan yang diperoleh admin melalui paid promote masih terbatas, akun ini memberikan peluang bagi pelaku usaha lokal maupun mahasiswa yang ingin memajukan bisnis untuk melakukan promosi dan kolaborasi, sehingga turut mendukung penguatan ekosistem ekonomi di lingkungan kampus.

ABSTRACT:
The @pesan_uinws Instagram account is an Instagram account that is used by students as a very significant information platform. The @pesan_uinws account contains various information about events that occur on and around campus, for example info about boarding houses and rentals for students who need it, announcements of lost items, as well as job opportunities for students who want to take advantage of their free time, a space for students to pour out their unek-unek, as well as a place for companies to introduce their products or services. The purpose of this research is to find out how the @pesan_uinws account conveys information to students. There are economic impacts, social impacts, and cultural impacts of the @pesan_uinws Instagram account.
This type of media research with qualitative methods and a netnography approach is used in this study to find out how the Instagram account @pesan_uinws conveys information to students. There are two sources in this research, namely primary data sources from the results of interviews and observations on the admin of the @pesan_uinws Instagram account and also followers of the @pesan_uinws account and secondary data sources from the media, books, journal articles, and others. There are also data collection methods used in this research, namely interviews, observation, and documentation. This research uses Pierre Levy's New Media theory, implying that New Media theory examines the evolution of media.
In this research, the results obtained are how the Instagram account @pesan_uinws, various Instagram features such as uploads, stories, and DM (direct messages) are utilized to create dynamic communication. Through direct messages, users can channel their information, design graphic displays, and the publication process based on the queue. In terms of social impact, @pesan_uinws has successfully fostered a sense of solidarity and cohesiveness among students across faculties and batches, expanding the network of friends. From an economic perspective, although the income earned by the admin through paid promotion is still limited, this account provides opportunities for local businesses and students who want to advance their business to promote and collaborate, thus supporting the strengthening of the economic ecosystem on campus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media sosial; Instagram; Wadah informasi; Mahasiswa; Paid promote; New media
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Dec 2025 01:43
Last Modified: 02 Dec 2025 01:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28489

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics