Peran Komunitas Sekolah Bingkai Jalanan dalam memberikan pendidikan alternatif bagi anak marginal di Jakarta

Assa, Sya Sya Nur (2025) Peran Komunitas Sekolah Bingkai Jalanan dalam memberikan pendidikan alternatif bagi anak marginal di Jakarta. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2106026141_Sya_Sya_Nur_Assa] Text (Skripsi_2106026141_Sya_Sya_Nur_Assa)
Skripsi_2106026141_Sya_Sya_Nur_Assa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan akses pendidikan formal bagi anak-anak marginal di kawasan Senen, Jakarta Pusat. Komunitas Sekolah Bingkai Jalanan hadir sebagai alternatif pendidikan yang memberikan ruang belajar yang kontekstual dan responsif terhadap kebutuhan anak-anak tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran komunitas Sekolah Bingkai Jalanan dalam merancang dan melaksanakan program pendidikan alternatif serta menganalisis dampak pendidikan tersebut dalam memberdayakan anak-anak marginal agar mampu keluar dari keterpurukan sosial.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh langsung dari informan yang terdiri dari pendiri, pengajar, relawan, dan anak-anak komunitas Sekolah Bingkai Jalanan. Data sekunder bersumber dari buku, artikel jurnal, dokumen, dan arsip komunitas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling untuk mendapatkan informan yang relevan dengan tujuan penelitian. Analisis data dilakukan secara deskriptif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam analisis, digunakan perspektif pendidikan pembebasan Paulo Freire untuk memahami bagaimana pendidikan alternatif di komunitas ini berperan sebagai alat pemberdayaan dan pembebasan sosial bagi anak-anak marginal.
Hasil temuan menunjukan. (1) Desain program pendidikan alternatif di Sekolah Bingkai Jalanan disusun secara partisipatif dan kontekstual, mencakup berbagai macam kelas yang dirancang untuk mengembangkan keterampilan dasar serta potensi diri anak. (2) Implementasi program bersifat fleksibel dan inklusif dengan pendekatan dialogis, menyenangkan, dan disesuaikan dengan minat serta kapasitas anak. (3) Komunitas berperan sebagai fasilitator, pendamping, dan agen perubahan sosial yang merancang kurikulum berbasis pengalaman hidup anak-anak, membangun ruang aman, serta mendorong tumbuhnya kesadaran kritis. (4) Dampak sosial yang terlihat meliputi peningkatan rasa percaya diri, kemampuan komunikasi, serta keberanian anak dalam mengekspresikan pendapat. (5) Selain itu, muncul solidaritas sosial di antara anak-anak serta kesadaran kolektif terhadap pentingnya pendidikan sebagai jalan menuju kehidupan yang lebih bermakna. Dengan demikian, Sekolah Bingkai Jalanan tidak hanya menyediakan ruang belajar tetapi juga menjadi ruang pemberdayaan yang mendorong anak-anak marginal untuk tumbuh secara mandiri, kritis, dan berdaya dalam menghadapi tantangan sosial di sekitarnya.

ABSTRACT:
This research is motivated by the challenges of access to formal education for marginalized children in the Senen area, Central Jakarta. The Sekolah Bingkai Jalanan community is present as an alternative education that provides a contextual and responsive learning space to the needs of these children. This study aims to describe the role of the Sekolah Bingkai Jalanan community in designing and implementing alternative education programs and analyzing the impact of this education in empowering marginalized children to be able to escape social adversity.
This type of research is field research with a descriptive qualitative approach. The data sources in this study consist of primary data and secondary data. Primary data were obtained directly from informants consisting of founders, teachers, volunteers, and children of the Sekolah Bingkai Jalanan community. Secondary data comes from books, journal articles, documents, and community archives. Data collection techniques use observation, in-depth interviews, and documentation. Determination of informants is carried out using purposive sampling techniques to obtain informants who are relevant to the research objectives. Data analysis is carried out descriptively through the stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. In the analysis, Paulo Freire's perspective of liberation education is used to understand how alternative education in this community plays a role as a tool for empowerment and social liberation for marginalized children.
The findings show. (1) The design of the alternative education program at the Street Frame School is designed in a participatory and contextual manner, covering a variety of classes designed to develop basic skills and children's potential. (2) The implementation of the program is flexible and inclusive with a dialogic, fun approach, and is tailored to the interests and capacities of the children. (3) The community acts as a facilitator, companion, and agent of social change that designs a curriculum based on children's life experiences, builds a safe space, and encourages the growth of critical awareness. (4) The visible social impacts include increased self-confidence, communication skills, and children's courage in expressing opinions. (5) In addition, social solidarity emerges among children as well as a collective awareness of the importance of education as a path to a more meaningful life. Thus, the Street Frame School not only provides a learning space but also becomes a space of empowerment that encourages marginalized children to grow independently, critically, and empowered in facing the social challenges around them.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran komunitas; Pendidikan alternatif; Anak marginal; Sekolah bingkai jalanan
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Dec 2025 02:07
Last Modified: 02 Dec 2025 02:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28492

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics