Perilaku konsumtif pengguna aplikasi Shopee : studi pada mahasiswa FISIP UIN Walisongo Semarang

Al Hafidz, Muhammad Rafli (2025) Perilaku konsumtif pengguna aplikasi Shopee : studi pada mahasiswa FISIP UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2106026154_Muhammad_Rafli_Al_Hafidz] Text (Skripsi_2106026154_Muhammad_Rafli_Al_Hafidz)
Skripsi_2106026154_Muhammad_Rafli_Al_Hafidz.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Perilaku konsumtif merujuk pada pola tindakan seseorang sebagai konsumen dalam melakukan pembelian dan penggunaan barang-barang hasil produksi, yang cenderung tidak dilandasi oleh pertimbangan logis atau rasional. Dalam perilaku ini, individu lebih mengutamakan pemenuhan keinginan pribadi daripada kebutuhan yang sebenarnya. Perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa merupakan suatu kecenderungan untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa tanpa pertimbangan rasional yang matang. Mahasiswa, sebagai kelompok usia muda yang sedang berada dalam masa transisi menuju kedewasaan, sering kali menjadi target empuk bagi berbagai strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk-bentuk perilaku konsumtif mahasiswa FISIP UIN Walisongo Semarang pengguna aplikasi Shopee serta dampak yang timbul dari perilaku konsumtif mahasiswa FISIP UIN Walisongo Semarang pengguna aplikasi Shopee.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis lapangan serta pendekatan deskriptif. Jenis data yang digunakan peneliti terdapat dua, yaitu data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan dokumentasi, wawancara, dan observasi sebagai metode pengumpulan data. Teknik purposive dipilih dalam pemilihan informan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data bersifat induktif yang dimana terdapat tiga alur analisis data yaitu reduksi data penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya, teori konsumerisme oleh Jean Baudrillard digunakan sebagai dasar penelitian ini.
Hasil dari penelitian tentang perilaku konsumtif mahasiswa FISIP UIN Walisongo Semarang pengguna aplikasi Shopee menunjukkan bahwa terdapat bentuk-bentuk perilaku konsumtif yang dilakukan oleh mahasiswa yaitu, ketergantungan pada belanja online, ketergantungan pada promo, terpengaruh oleh iklan, serta penggunaan paylater dan cicilan. Perilaku konsumtif memberikan dampak dalam berbagai aspek kehidupan mereka, mulai dari aspek ekonomi yang ditandai dengan meningkatnya pengeluaran dan pembelian barang-barang yang tidak dibutuhkan, aspek sosial yang memengaruhi pola interaksi serta gaya hidup yang cenderung mengikuti tren tanpa mempertimbangkan nilai manfaat, hingga aspek lingkungan yang terganggu akibat meningkatnya limbah konsumsi dan penggunaan sumber daya secara berlebihan. Terdapat juga beberapa solusi untuk mengurangi perilaku konsumtif pada mahasiswa seperti, memahami literasi keuangan, membedakan antara kebutuhan dan keinginan, serta mengurangi intensitas penggunaan media sosial.

ABSTRACT:
Consumptive behavior refers to the pattern of a person's actions as a consumer in purchasing and using manufactured goods, which tend not to be based on logical or rational considerations. In this behavior, individuals prioritize the fulfillment of personal desires rather than actual needs. Consumptive behavior among students is a tendency to buy and use goods or services without careful rational consideration. Students, as a young age group who are in transition to adulthood, are often easy targets for various marketing strategies. This study aims to explain the forms of consumptive behavior of FISIP UIN Walisongo Semarang students who use the Shopee application and the impacts arising from the consumptive behavior of FISIP UIN Walisongo Semarang students who use the Shopee application.
This research uses qualitative research methods with a field type and descriptive approach. There are two types of data used by researchers, namely primary data and secondary data. This research uses documentation, interviews, and observation as data collection methods. The purposive technique was chosen in selecting informants. The data analysis technique used in this research is inductive data analysis in which there are three data analysis flows, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Furthermore, the theory of consumerism by Jean Baudrillard is used as the basis of this research.
The results of research on the consumptive behavior of FISIP UIN Walisongo Semarang students using the Shopee application show that there are forms of consumptive behavior carried out by students, namely, reliance on online shopping, reliance on promos, being influenced by advertisements, and the use of paylater and installments. Consumptive behavior has an impact on various aspects of their lives, ranging from the economic aspect marked by increased spending and purchase of unnecessary goods, social aspects that affect interaction patterns and lifestyles that tend to follow trends without considering the value of benefits, to environmental aspects that are disrupted due to increased consumption waste and excessive use of resources. There are also several solutions to reduce consumptive behavior in students such as understanding financial literacy, distinguishing between needs and wants, and reducing the intensity of social media use.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perilaku konsumtif; Mahasiswa; Teori konsumerisme; Jean Baudrillard; Shopee
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Dec 2025 02:54
Last Modified: 02 Dec 2025 02:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28499

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics