Pengaruh kualitas layanan dan bonus terhadap loyalitas anggota : studi kasus produk Simpanan Mutiara di KSPPS Tamzis Cabang Kebumen
Listiani, Dwi (2025) Pengaruh kualitas layanan dan bonus terhadap loyalitas anggota : studi kasus produk Simpanan Mutiara di KSPPS Tamzis Cabang Kebumen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1905036151_Dwi_Listiani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Bonus Terhadap Loyalitas Anggota di KSPPS BMT Tamzis Bina Utama. Kualitas layanan menjadi faktor utama dalam mempertahankan anggota, sementara pemberian bonus merupakan strategi untuk meningkatkan loyalitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada anggota BMT dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 25.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota. Demikian pula, bonus yang diberikan oleh BMT memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Nilai t hitung variabel kualitas layanan sebesar 2, 938 dan variabel bonus sebesar 4,435 yang lebih besar dari nilai t tabel yaitu 2,021. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa BMT perlu meningkatkan kualitas layanan dengan memperhatikan aspek kecepatan, keramahan dan kemudahan transaksi, serta mempertimbangkan program bonus yang lebih menarik agar dapat meningkatkan loyalitas anggota.
ABSTRACT:
This study aims to analyze the Influence of Service Quality and Bonuses on Member Loyalty at KSPPS BMT Tamzis Bina Utama. Service quality is the main factor in retaining members, while providing bonuses is a strategy to increase loyalty. This study uses a quantitative approach with a survey method. Data were collected through questionnaires distributed to BMT members and analyzed using multiple linear regression with the help of SPSS 25.
The results showed that service quality has a positive and significant effect on member loyalty. Likewise, bonuses given by BMT have a positive and significant effect on loyalty. The t-value of the service quality variable is 2.938 and the bonus variable is 4.435 which is greater than the t-table value of 2.021. The implication of this study is that BMT needs to improve service quality by paying attention to aspects of speed, friendliness and ease of transactions, as well as considering more attractive bonus programs in order to increase member loyalty.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kualitas layanan; Bonus; Loyalitas anggota; KSPPS |
| Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1) |
| Depositing User: | Miswan Miswan |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 07:30 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 07:30 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28507 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
