Problematika pemasaran produk tabungan iB Hijrah haji melalui akad wadiah pada Bank Muamalat Indonesia Tbk. Kantor Cabang Utama Semarang

Nuha, Azma Faizah (2025) Problematika pemasaran produk tabungan iB Hijrah haji melalui akad wadiah pada Bank Muamalat Indonesia Tbk. Kantor Cabang Utama Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2105036015_Azma Faizah Nuha] Text (Skripsi_2105036015_Azma Faizah Nuha)
Skripsi_2105036015_Azma Faizah Nuha.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan pemasaran ialah hal yang penting dan wajib dilaksanakan oleh sebuah lembaga. Banyak bank syariah yang bersaing dalam hal penawaran produk, sehingga diperlukan sebuah rencana pemasaran yang efisien. Taktik pemasaran sangat penting dalam proses penjualan produk perbankan yang ditawarkan oleh lembaga keuangan. Penelitian berikut bertujuan guna mengetahui strategi pemasaran Tabungan Haji iB Hijrah di Kantor Cabang Utama Bank Muamalat di Semarang.Penelitian berikut termasuk dalam kategori penelitian lapangan, dengan ciri kualitatif deskriptif. Penelitian berikut mengumpulkan data dengan memakai tiga teknik, yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilaksanakan kepada karyawan Bank Muamalat di Kantor Cabang Utama Semarang, serta nasabah Bank Muamalat di lokasi yang sama. Data yang dipakai dalam penelitian berikut dibagi menjadi dua kategori, yakni data primer dan data sekunder. Hasil penelitian yang ditemukan dilapangan diantaranya: 1. Strategi pemasaran yang diterapkan pada Bank Muamalat Kantor Cabang Utama Semarang memakai bauran pemasaran yang terdiri dari 7P, yakni: Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), Promotion (Promosi), People (Orang), Process (Proses), dan Physical Evidence (Bukti Fisik). 2. Kendala yang dihadapi dalam melaksanakan pemasaran produk tabungan iB Hijrah Haji melalui Akad Wadiah pada Bank Muamalat Indonesia Tbk. Kantor Cabang Utama Semarang, meliputi kendala faktor internal antara lain: a. Kondisi dan Kemampuan Penjual: a) Jenis dan karakteristik barang yang ditawarkan, b) Harga produk, 2) Modal, 3) Kondisi Organisasi Perusahaan, 4) Promosi. Sedangkan untuk kendala eskternalnya ialah: a. Kelompok pembeli atau segmen pasarnya 2) Keinginan dan Kebutuhan. 3. Solusi mengatasi kendala dalam melaksanakan pemasaran produk tabungan iB Hijrah Haji melalui Akad Wadiah pada Bank Muamalat Indonesia Tbk. Kantor Cabang Utama Semarang yakni: solusi faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam perusahaan seperti kondisi dan kemampuan penjual, modal, kondisi organisasi perusahaan, promosi. Sedangkan untuk kendala Faktor eksternal yaitu faktor yang dari luar bank seperti Kondisi Pasar.

ABSTRACT:
Marketing activities are important and must be implemented by an institution. Many Islamic banks compete in terms of product offerings, so an efficient marketing plan is needed. Marketing tactics are very important in the sales process of banking products offered by financial institutions. The following study aims to determine the marketing strategy of iB Hijrah Hajj Savings at the Main Branch Office of Bank Muamalat in Semarang. The following study is included in the field research category, with descriptive qualitative characteristics. The following study collects data using three techniques, namely interviews, observations, and documentation. Interviews were conducted with Bank Muamalat employees at the Main Branch Office of Semarang, as well as Bank Muamalat customers at the same location. The data used in the following study are divided into two categories, namely primary data and secondary data. The results of the research found in the field include: 1. The marketing strategy applied at Bank Muamalat Main Branch Office of Semarang uses a marketing mix consisting of 7Ps, namely: Product, Price, Place, Promotion, People, Process, and Physical Evidence. 2. Constraints faced in implementing the marketing of iB Hijrah Haji savings products through the Wadiah Agreement at Bank Muamalat Indonesia Tbk. Semarang Main Branch Office, include internal factor constraints, including: a. Seller Conditions and Capabilities: a) Types and characteristics of goods offered, b) Product prices, 2) Capital, 3) Company Organizational Conditions, 4) Promotion. While the external constraints are: a. Buyer groups or market segments 2) Wants and Needs. 3. Solutions to overcome obstacles in implementing the marketing of iB Hijrah Haji savings products through the Wadiah Agreement at Bank Muamalat Indonesia Tbk. Semarang Main Branch Office, namely: internal factor solutions, namely factors originating from within the company such as seller conditions and capabilities, capital, company organizational conditions, promotions. While external factor constraints are factors from outside the bank such as Market Conditions.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Tabungan iB Hijrah Haji; Akad wadiah; Bank Muamalat Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Dec 2025 01:46
Last Modified: 03 Dec 2025 01:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28510

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics