Pengaruh customer experience, citra perusahaan dan digital marketing terhadap loyalitas nasabah di BPRS Dana Amanah Surakarta
Akbar, Ananda Rizki (2025) Pengaruh customer experience, citra perusahaan dan digital marketing terhadap loyalitas nasabah di BPRS Dana Amanah Surakarta. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_2105036058_Ananda_Rizki_Akbar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Loyalitas adalah kondisi dimana nasabah secara teratur atau tetap melakukan transaksi pada suatu Perusahaan. Ketika melakukan pra riset banyak faktor-faktor yang mempengaruhi keloyalitasan nasabah seperti customer experience, citra perusahaan, dan digital marketing. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari variabel customer experience, citra perusahaan, dan digital marketing terhadap loyalitas nasabah di BPRS Dana Amanah Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data yang dipakai merupakan data primer dengan sampel yang berjumlah 100 sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling yang merupakan teknik pengambilan berdasarkan kebetulan dan ketersediaan bila sekiranya sampel yang ditemui cocok sebagai sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel customer experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah yang dapat dibuktikan dengan hasil uji T yang memiliki nilai signifikansi < 0,05, yaitu sebesar 0,002. Citra perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah yang dapat dibuktikan dengan hasil uji T yang memiliki nilai signifikansi < 0,05, yaitu sebesar 0,025. Yang terakhir digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah yang dapat dibuktikan dengan hasil uji T yang memiliki nilai signifikansi < 0,05, yaitu sebesar 0,005.
ABSTRACT:
Loyalty is a condition where customers regularly or consistently make transactions at a company. When conducting pre-research, many factors influence customer loyalty such as customer experience, company image, and digital marketing. The purpose of this study is to determine the effect of customer experience variables, company image, and digital marketing on customer loyalty at BPRS Dana Amanah Surakarta. This study uses a quantitative research method. The data used is primary data with a sample of 100 samples. Sampling was carried out using the accidental sampling technique which is a sampling technique based on coincidence and availability if the sample found is suitable as a data source. The results of this study indicate that the customer experience variable has a positive and significant effect on customer loyalty which can be proven by the results of the T test which has a significance value of <0.05, which is 0.002. Corporate image has a positive and significant effect on customer loyalty which can be proven by the results of the T test which has a significance value of <0.05, which is 0.025. Finally, digital marketing has a positive and significant effect on customer loyalty which can be proven by the results of the T test which has a significance value of <0.05, which is 0.005.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Customer experience; Citra perusahaan; Digital marketing; Loyalitas nasabah; BPRS |
| Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1) |
| Depositing User: | Miswan Miswan |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 03:20 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 03:20 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28513 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
