Pengaruh brand image, literasi keuangan syariah dan digital marketing terhadap minat pengajuan pembiayaan di bank syariah pada masyarakat Ngaliyan
Nursiyami, Dede Rifda (2025) Pengaruh brand image, literasi keuangan syariah dan digital marketing terhadap minat pengajuan pembiayaan di bank syariah pada masyarakat Ngaliyan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_2105036087_Dede_Rifda_Nursiyami.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Perbankan syariah di Indonesia terus berkembang pesat, tetapi masih menghadapi tantangan berupa rendahnya market share dibandingkan bank konvensional. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya minat masyarakat dalam mengajukan pembiayaan pada bank syariah. Beberapa masalah yang menjadi hambatan termasuk presepsi merek bank syariah yang kurang dikenal dan belum sepenuhnya dipercaya oleh masyarakat, tingkat pengetahuan masyarakat tentang keuangan syariah yang rendah, dan penggunaan media marketing yang kurang optimal untuk mempromosikan produk pembiayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, literasi keuangan syariah, dan digital marketing terhadap minat pengajuan pembiayaan di bank syariah pada masyarakat Ngaliyan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Ngaliyan dengan sampel 100 orang, metode yang digunakan yaitu metode probability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada masyarakat Ngaliyan dan analisis data menggunakan program SPSS. Uji hipotesis dilakukan denngan uji t (parsial), uji F (simultan), dengan tingkat signifikan 0,05.
Hasil penelitian ini diperoleh bahwa variabel brand image, literasi keuangan syariah, dan digital marketing berpengaruh positif terhadap minat pengajuan pembiayaan di bank syariah pada masyarakat Ngaliyan. Hasil uji koefisien determinan diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 42,9%, hal ini dapat diartikan bahwa variabel brand image, literasi keuangan syariah, dan digital marketing berpengaruh terhadap minat pengajuan pembiayaan di bank syariah secara bersama- sama sebesar 42,9%, dan 57,1% dapat dipengaruhi oleh variabel- variabel selain yang disusun dalam penelitian ini.”
ABSTRACT:
Sharia banking in Indonesia continues to grow rapidly, but still faces challenges in the form of low market share compared to conventional banks. One of the causes is the lack of public interest in applying for financing at sharia banks. Several issues that pose obstacles include the perception that sharia banks are not well known and not yet fully trusted by the public, low public knowledge of sharia finance, and suboptimal use of marketing media to promote financing products. This study aims to determine the influence of brand image, Islamic finance literacy, and digital marketing on the public's interest in applying for financing at Islamic banks in Ngaliyan.
This study uses a quantitative approach. The population of this study is the Ngaliyan community with a sample of 100 people, using the probability sampling method with purposive sampling technique. Data collection was conducted by distributing questionnaires to the Ngaliyan community, and data analysis was performed using the SPSS program. Hypothesis testing was conducted using the t-test (partial) and F-test (simultaneous), with a significance level of 0.05.
The results of this study indicate that brand image, Islamic financial literacy, and digital marketing have a positive effect on the interest in applying for financing at Islamic banks among the people of Ngaliyan. The results of the coefficient of determination test yielded an Adjusted R Square value of 42.9%, which means that the variables of brand image, Islamic financial literacy, and digital marketing collectively influence the interest in applying for financing at Islamic banks by 42.9%, while 57.1% can be influenced by variables other than those included in this study.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Brand image; Literasi keuangan syariah; Digital marketing; Minat pembiayaan |
| Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1) |
| Depositing User: | Miswan Miswan |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 04:06 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 04:06 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28515 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
