Pengaruh e-service quality, e-satisfaction, dan perceived risk terhadap e-loyalty nasabah pengguna layanan mobile banking Bank Syariah Indonesia (BSI) : studi pada nasabah pengguna BSI mobile di Kota Semarang

Niswah, Durrotun (2025) Pengaruh e-service quality, e-satisfaction, dan perceived risk terhadap e-loyalty nasabah pengguna layanan mobile banking Bank Syariah Indonesia (BSI) : studi pada nasabah pengguna BSI mobile di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2105036150_Durrotun_Niswah] Text (Skripsi_2105036150_Durrotun_Niswah)
Skripsi_2105036150_Durrotun_Niswah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mendorong inovasi dalam layanan perbankan, termasuk mobile banking. Bank Syariah Indonesia (BSI) menghadirkan BSI Mobile untuk meningkatkan kemudahan transaksi bagi nasabah. Namun, di balik berbagai keunggulan yang dimiliki, masih terdapat kendala seperti gangguan teknis, kesulitan penggunaan, serta kekhawatiran terkait keamanan transaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-service quality, e-satisfaction, dan perceived risk terhadap e-loyalty nasabah pengguna BSI Mobile di kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif serta pengolahan data menggunakan bantuan program software SPSS versi 26. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) di kota Semarang yang menggunakan BSI mobile. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling sehingga diperoleh sebanyak 100 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil kuesioner serta data sekunder yang berasal dari pihak lain, tinjauan pustaka buku, jurnal, dan penelitian lainnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel e-serivice quality (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap e-loyalty dibuktikan dengan hasil nilai signifikansi sebesar (0,001 < 0,05) dan thitung > ttabel (3,381 > 1,984). Pada variabel e-satisfaction (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap e-loyalty dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar (0,005 < 0,05) dan thitung > ttabel (2,875 > 1,984). Sedangkan pada variabel perceived risk (X3) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap e-loyalty dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,035 < 0,05 dan thitung > ttabel (-3,563 > 1,984). Temuan ini menegaskan pentingnya peningkatan kualitas layanan dan keamanan untuk memperkuat loyalitas nasabah terhadap BSI Mobile.

ABSTRACT:
The development of digital technology has encouraged innovation in banking services, including mobile banking. Bank Syariah Indonesia (BSI) presents BSI Mobile to improve the ease of transactions for customers. However, behind the various advantages it has, there are still obstacles such as technical glitches, difficulties in use, and concerns related to transaction security. This study aims to determine the influence of E-Service Quality, E-Satisfaction, and Perceived Risk on E-Loyalty of BSI Mobile users in Semarang City. This study uses a quantitative approach method and data processing using the help of the SPSS software program version 26. The population used in this study is Bank Syariah Indonesia (BSI) customers in the city of Semarang who use BSI mobile. Meanwhile, the sample used in this study uses a nonprobability sampling method so that as many as 100 respondents were obtained. The data used in this study are primary data obtained from questionnaire results and secondary data from other parties, book literature reviews, journals, and other research. The results of this study show that the e-service quality (X1) variable has a positive and significant influence on e-loyalty as evidenced by the results of the significance value of (0.001 < 0.05) and the ttable > calculation (3.381 > 1.984). The e-satisfaction variable (X2) has a positive and significant influence on e-loyalty as evidenced by a significance value of (0.005 < 0.05) and a ttable > calculation (2.875 > 1.984). Meanwhile, the perceived risk variable (X3) has a positive and significant influence on e-loyalty as evidenced by a significance value of 0.035 < 0.05 and a ttable > count (-3,563 > 1,984). This finding emphasizes the importance of improving service quality and security to strengthen customer loyalty to BSI Mobile.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: E-service quality; E-satisfaction; Perceived risk; E-loyalty; Nasabah; Mobile banking
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Dec 2025 01:16
Last Modified: 04 Dec 2025 01:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28523

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics