Pengaruh persepsi kemudahan, antarmuka, dan pengalaman pengguna terhadap niat penggunaan Byond by BSI secara berkelanjutan : studi kasus pada generasi Z di Kota Semarang

Mufahrida, Nabila Asla (2025) Pengaruh persepsi kemudahan, antarmuka, dan pengalaman pengguna terhadap niat penggunaan Byond by BSI secara berkelanjutan : studi kasus pada generasi Z di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2105036160_Nabila_Asla_Mufahrida] Text (Skripsi_2105036160_Nabila_Asla_Mufahrida)
Skripsi_2105036160_Nabila_Asla_Mufahrida.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Byond by BSI merupakan aplikasi Super App terbaru dari Bank Syariah Indonesia yang diluncurkan untuk menggantikan BSI Mobile dalam meningkatkan kualitas layanan perbankan digital. Byond by BSI diharapkan mampu memberikan kemudahan penggunaan, antarmuka yang intuitif, serta pengalaman pengguna yang positif guna mendorong niat penggunaan secara berkelanjutan. Namun, dalam implementasinya Byond menghadapi sejumlah tantangan seperti gangguan layanan, antarmuka yang kurang responsif, serta keluhan terkait pengalaman pengguna pasca migrasi. Berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa 93,3% partisipan pra-riset tidak menunjukkan dukungan dalam niat menggunakan aplikasi secara berkelanjutan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan, antarmuka, dan pengalaman pengguna terhadap niat penggunaan aplikasi Byond by BSI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik purposive sampling dengan melibatkan 100 responden yang ditentukan menggunakan rumus lemeshow. Data didapatkan dari penyebaran kuesioner berskala likert lima poin. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model regresi linier berganda dengan SPSS 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial persepsi kemudahan, antarmuka, dan pengalaman pengguna memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat penggunaan Byond by BSI secara berkelanjutan.

ABSTRACT:
Byond by BSI is the latest Super App application from Bank Syariah Indonesia launched to replace BSI Mobile in improving the quality of digital banking services. Byond by BSI is expected to provide ease of use, an intuitive interface, and a positive user experience to encourage continued usage intentions. However, in its implementation, Byond faced a number of challenges such as service disruptions, less responsive interfaces, and complaints related to post-migration user experiences. Based on the results of initial observations, it showed that 93.3% of pre-research participants did not show support in the intention to use the application continuously.
This study aims to analyze the influence of perceived ease of use, user interface, and user experience on the intention to use the Byond by BSI application. The method used in this study is quantitative with a purposive sampling technique involving 100 respondents determined using the lemeshow formula. Data was obtained from the distribution of questionnaires using a five-point likert scale. The data analysis technique in this study uses a multiple linear regression model with SPSS 25. The results of the analysis show that perceived ease of use, user interface, and user experience have a positive and significant influence on the intention to use Byond by BSI in a sustainable manner.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Byond by BSI; Persepsi kemudahan; Antarmuka pengguna; Pengalaman pengguna; M-banking; Generasi Z
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Dec 2025 01:49
Last Modified: 04 Dec 2025 01:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28526

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics