Pengaruh model pembelajaran index card match berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar ipa siswa kelas IV materi bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya MI NU 56 Krajan kulon Kaliwungu

Murdiyati, Malah (2025) Pengaruh model pembelajaran index card match berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar ipa siswa kelas IV materi bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya MI NU 56 Krajan kulon Kaliwungu. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2103096002-Ma_lah Murdiyati-SKRIPSII - Ma_la Murdiyati] Text (2103096002-Ma_lah Murdiyati-SKRIPSII - Ma_la Murdiyati)
2103096002-Ma_lah Murdiyati-SKRIPSII - Ma_la Murdiyati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa masih rendah dalam hasil belajar, salah satunya pada pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil Belajar IPA siswa kelas IV MI NU 56 Krajankulon Kaliwungu sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Index Card Match berbantuan media Mind Mapping.
Metodologi pada penelitian ini adalah kuantitatif, dengan desain quasi eksperimen. Dalam desain ini dipilih secara nonequivalent control grup design atau post test only grup design.
Dapat disimpulkan hasil dari penelitian ini bahwa hasil pengujian hipotesis menggunakan uji independent t- test menunjukkan rata-rata skor post test untuk kelas kontrol sebesar 42,14, sedangkan kelas eksperimen sebesar 80,57. Selain itu, hasil nilai thitung sebesar 8,549 < ttabel sebesar 1,677. sehingga Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Hasil dari uji korelasi sebesar 0,31 dengan koefisien determinasi 31% yang berkategori rendah. Nilai korelasi rendah dapat dipengaruhi oleh faktor model pembelajaran Index Card Match. Maka setelah peneliti melaksanakan penelitian di kelas IV MI NU Krajankulon Kaliwungu ada perbedaan yang signifikan antara kondisi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Index Card Match berbantu Media Mind Mapping.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran index card match; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Dec 2025 03:22
Last Modified: 04 Dec 2025 03:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28533

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics