Pengaruh model pembelajaran active learning tipe game based learning berbantuan media monopoli matematika (monotika) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas 2 MI Darul Ulum Datinawong

Muna, Ilma Nailul (2025) Pengaruh model pembelajaran active learning tipe game based learning berbantuan media monopoli matematika (monotika) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas 2 MI Darul Ulum Datinawong. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2103096003_Ilma Nailul Muna_Tugas Akhir - IlmaNailul Nailul] Text (2103096003_Ilma Nailul Muna_Tugas Akhir - IlmaNailul Nailul)
2103096003_Ilma Nailul Muna_Tugas Akhir - IlmaNailul Nailul.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Active Learning tipe Game-Based Learning berbantuan media Monopoli Matematika (Monotika) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas 2 MI Darul Ulum Datinawong. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya minat belajar dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika, khususnya pada materi penjumlahan dan pengurangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experimental design) dan desain nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IIA sebagai kelas eksperimen sebanyak 20 siswa dan IIB sebagai kelas kontrol sebanyak 13 siswa.
Instrumen yang digunakan berupa tes essay pretest dan posttest yang mengukur kemampuan pemecahan masalah. Data dianalisis menggunakan bantuan software SPSS versi 25. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran tersebut terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Active Learning tipe Game-Based Learning berbantuan media Monotika terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas 2 MI Darul Ulum Datinawong.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajran; Active learning; Game based lerning; Media pembelajaran; Monopoli
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Dec 2025 03:34
Last Modified: 04 Dec 2025 03:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28537

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics