Pengaruh metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) berbantuan sticky notes pada pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I MI NU 56 Krajan kulon Kaliwungu

Najah, Nimah Imroatun Sabilan (2025) Pengaruh metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) berbantuan sticky notes pada pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I MI NU 56 Krajan kulon Kaliwungu. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2103096005_Ni_mah Imroatun Sabilan Najah_Skripsi - Sabila Najah] Text (2103096005_Ni_mah Imroatun Sabilan Najah_Skripsi - Sabila Najah)
2103096005_Ni_mah Imroatun Sabilan Najah_Skripsi - Sabila Najah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan siswa dalam membedakan huruf dan membaca suku kata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di MI NU 56 Krajankulon Kaliwungu dengan dan tanpa menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS). Selain itu mengkaji pengaruh metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) berbantuan sticky notes terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas I, yang meliputi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sampel terdiri dari kelompok kontrol kelas I D sebanyak 23 siswa dan kelompok eksperimen kelas I B sebanyak 30 siswa. Data dikumpulkan dengan tes bentuk pilihan ganda, lalu dianalisis dengan uji-t dan uji korelasi.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa pengujian hipotesis menggunakan uji independent t-test menunjukkan rata-rata post test kelompok eksperimen sebesar 90, sedangkan kelompok kontrol 79. Uji statistik menunjukkan thitung (2,612) lebih besar dari ttabel (1,675) pada taraf signifikansi 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil dari uji korelasi sebesar 0,418 dengan koefisien determasi 42% dengan kategori sedang. Nilai korelasi sedang dapat dipengaruhi oleh faktor metode pembelajaran Struktural Analitik Sintetik (SAS). Dengan demikian, penelitian yang dilakukan di kelas I MI NU 56 Krajankulon Kaliwungu terdapat perbedaan yang signifikan antara kondisi sebelum dan sesudah menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dengan bantuan sticky notes.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS); Sticky Notes; Membaca permulaan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Dec 2025 03:41
Last Modified: 04 Dec 2025 03:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28541

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics