Pengaruh penggunaan media peta keberagaman budaya indonesia terhadap kemampuan kerja sama siswa kelas IV MIN 1 Kendal tahun 2024/2025
Falakhiah, Arista Ahda (2025) Pengaruh penggunaan media peta keberagaman budaya indonesia terhadap kemampuan kerja sama siswa kelas IV MIN 1 Kendal tahun 2024/2025. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
2103096009_Arista Ahda Falakhiah_Lengkap Tugas Akhir - ARISTA AHDA FALAKHIAH 2103096009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini penting karena membantu mengembangkan pendekatan pembelajaran yang lebih efisien, meningkatkan kemampuan siswa untuk bekerja sama, dan meningkatkan media pembelajaran yang berbasis keberagaman budaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana penggunaan media peta keberagaman budaya Indonesia dapat mempengaruhi kemampuan kerja sama siswa di kelas IV MIN 1 Kendal Tahun 2024/2025.
Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif eksperimen dengan desain non equivalent control group. Sampel penelitian ini adalah random sampling, dengan kelas eksperimen sebanyak 30 sampel dan kelas kontrol sebanyak 28 sampel. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan angket. Serta analisis data menggunakan uji statistic parametic t-Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dilihat dari rata-rata skor posttest yaitu eksperimen sebesar 36,96 dan kontrol sebesar 34,54. Adapun hasil uji t-Test mendapatkan skor di bawah signifikansi 0,05. Hal tersebut menunjukkan adanya perbedaan pengaruh antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media peta keberagaman budaya Indonesia berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan kerja sama siswa kelas IV A MIN 1 Kendal.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; Peta keberagaman budaya |
| Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 07:40 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 07:40 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28557 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
