Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Brainstorming (RRB) Terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas IV SD Al Mardliyah Kaliwungu Selatan Kendal
Fadhliyah, Luthfiyana Dian (2025) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Brainstorming (RRB) Terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas IV SD Al Mardliyah Kaliwungu Selatan Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
2103096010_Luthfiyana Dian Fadhliyah_Full Skripsi - Luthfiyana Dian.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Brainstorming (RRB) terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas IV SD Al Mardliyah Kaliwungu Selatan Kendal. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran guru yang mendominasi khususnya pada pembelajaran bahasa Indonesia sehingga nilai siswa pada materi teks deskripsi tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks deskripsi tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Brainstorming (RRB), mengetahui kemampuan menulis teks deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Braistorming (RRB) dan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Braistorming (RRB) terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas IV SD Al Mardliyah Kaliwungu Selatan Kendal. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Experimental Design. Seluruh siswa kelas IV SD Al Mardliyah Kaliwungu Selatan Kendal adalah populasi yang dijadikan sebagai sampel. Penelitian ini menerapkan teknik pengumpulan data melalui bentuk tes. Data yang dihasilkan tanpa menggunakan model Round Robin Brainstorming (RRB) diperoleh nilai rata-rata 62,15 (kurang) dan dengan menggunakan model pembelajaran Round Robin Brainstorming (RRB) menghasilkan nilai rata-rata 71,62 (cukup). Selanjutnya analisis data menggunakan uji normalitas dengan hasil 0,200 > 0,05 yang artinya berdistribusi normal, tahap selanjutnya uji homogenitas dengan hasil 0,055 > 0,05 yang dinyatakan homogen. Hasil dari hipotesis menggunakan uji-t Independent Samples t-Test dengan hasil pengujian yaitu 0,038 < 0,05 yang menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara kedua kelas dan diperoleh t_hitung 2,133 > t_tabel 1,70814 yaitu artinya H_0 ditolak dan H_a diterima. Maka terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Brainstorming (RRB) terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas IV SD Al Mardliyah Kaliwungu Selatan Kendal. Besarnya nilai korelasi sebesar 0,351 bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Brainstorming (RRB) terhadap kemampuan menulis teks deskripsi sebesar 12,3% dan sisanya ditentukan oleh variabel lain.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Round Robin Brainstorming (RRB); Kemampuan menulis |
| Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 02:56 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 02:56 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28575 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
