Pengaruh model InSTAD terhadap keterampilan proses sains materi magnet kelas V MIN Kota Semarang tahun 2024
Susanti, Siti Sri (2025) Pengaruh model InSTAD terhadap keterampilan proses sains materi magnet kelas V MIN Kota Semarang tahun 2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
2103096011_Siti Sri Susanti_ Full Skripsi - SITI SRI SUSANTI 2103096011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan proses sains kelas V di MIN Kota Semarang, hal ini disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model InSTAD terhadap keterampilan proses sains materi magnet kelas V di MIN Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu true eksperimen design tipe post-test only control group design. Teknik pengujian hipotesis dilakukan dengan bantuan program SPSS 26 for Windows menggunakan uji independent sample t-test untuk mengetahui perbedaan dua rata-rata dan uji regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel. Hasil yang diperoleh menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat perbedaan antara skor hasil post-test kelas eksperimen dengan hasil post-test kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana diperoleh nilai sebesar 0,730, artinya terdapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y dengan kategori kuat. Untuk mengetahui besarnya persentase pengaruh variabel X terhadap variabel Y, maka dicari koefisien determinasi (r square), berdasarkan uji yang telah dilakukan diperoleh nilai r square sebesar 0,533 atau 53,3%, yang artinya model InSTAD berpengaruh terhadap keterampilan proses sains kelas V sebesar 53,3% sedangkan 46,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model InSTAD; Sains |
| Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 03:02 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 03:02 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28576 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
