Pengaruh model InSTAD terhadap keterampilan proses sains materi magnet kelas V MIN Kota Semarang tahun 2024

Susanti, Siti Sri (2025) Pengaruh model InSTAD terhadap keterampilan proses sains materi magnet kelas V MIN Kota Semarang tahun 2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2103096011_Siti Sri Susanti_ Full Skripsi - SITI SRI SUSANTI 2103096011] Text (2103096011_Siti Sri Susanti_ Full Skripsi - SITI SRI SUSANTI 2103096011)
2103096011_Siti Sri Susanti_ Full Skripsi - SITI SRI SUSANTI 2103096011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan proses sains kelas V di MIN Kota Semarang, hal ini disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model InSTAD terhadap keterampilan proses sains materi magnet kelas V di MIN Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu true eksperimen design tipe post-test only control group design. Teknik pengujian hipotesis dilakukan dengan bantuan program SPSS 26 for Windows menggunakan uji independent sample t-test untuk mengetahui perbedaan dua rata-rata dan uji regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel. Hasil yang diperoleh menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat perbedaan antara skor hasil post-test kelas eksperimen dengan hasil post-test kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana diperoleh nilai sebesar 0,730, artinya terdapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y dengan kategori kuat. Untuk mengetahui besarnya persentase pengaruh variabel X terhadap variabel Y, maka dicari koefisien determinasi (r square), berdasarkan uji yang telah dilakukan diperoleh nilai r square sebesar 0,533 atau 53,3%, yang artinya model InSTAD berpengaruh terhadap keterampilan proses sains kelas V sebesar 53,3% sedangkan 46,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model InSTAD; Sains
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 05 Dec 2025 03:02
Last Modified: 05 Dec 2025 03:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28576

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics