Pengaruh penggunaan media pembelajaran kartu kuartet terhadap keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran pendidikan Pancasila kelas IV MI Baitul Huda Semarang

Mahiyyah, Mahiyyah (2025) Pengaruh penggunaan media pembelajaran kartu kuartet terhadap keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran pendidikan Pancasila kelas IV MI Baitul Huda Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2103096026_MAHIYYAH_FULL SKRIPSI - MAHIYYAH 2103096026] Text (2103096026_MAHIYYAH_FULL SKRIPSI - MAHIYYAH 2103096026)
2103096026_MAHIYYAH_FULL SKRIPSI - MAHIYYAH 2103096026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran kartu kuartet terhadap keterampilan sosial siswa mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV MI Baitul Huda Semarang. Metode penelitian ini yaitu Pre-Experimental Design dengan menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yang terdiri dari 28 peserta didik dari kelas IV A. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil perhitungan dengan uji analisis data yang dilakukan menggunakan SPPS versi 25, yang mana hasil uji-t yaitu t_hitung = 31,526 dan nilai t_(tabel )= 2,052. t_(hitung ) > t_(tabel )dengan ɑ = 5% dengan df = N-1 (khusus untuk paired sample t-Test) df = 28-1 = 27, maka H_o ditolak dan H_a diterima. Sementara itu dari data diatas dapat diperoleh nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikasi antara keterampilan sosial pada data pretest dan posttest. Hal ini membuktikan bahwa penerapan media pembelajaran kartu kuartet memberikan pengaruh terhadap keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV MI Baitul Huda Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Kartu kuartet; Pendidikan Pancasila
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 05 Dec 2025 03:29
Last Modified: 05 Dec 2025 03:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28580

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics