Strategi program full day school dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MI Roudlotul Hikmah Demak 2024

Salsabillah, Naili Nikhla (2025) Strategi program full day school dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MI Roudlotul Hikmah Demak 2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2103096035_Naili Nikhla Salsabillah_Lengkap Tugas Akhir - NAILI NIKHLA SALSABILLAH 2103096035] Text (2103096035_Naili Nikhla Salsabillah_Lengkap Tugas Akhir - NAILI NIKHLA SALSABILLAH 2103096035)
2103096035_Naili Nikhla Salsabillah_Lengkap Tugas Akhir - NAILI NIKHLA SALSABILLAH 2103096035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi efektif dalam Full Day School di MI Roudlotul Hikmah Demak serta faktor-faktor yang memberi efek pada temuan belajar murid. Rumusan problem pada kajian ini yakni 1) Bagaimana strategi yang efektif dalam program Full Day School untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MI Roudlotul Hikmah Demak? 2) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa di MI Roudlotul Hikmah Demak? Kajian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan metodelogi deskriptif lewat observasi, interview, dan studi dokumen. Temuan kajian menampilkan strategi pelajaran di MI Roudlotul Hikmah mengintegrasikan aspek akademik, keagamaan, dan pengembangan karakter. Pembiasaan keagamaan, seperti sholat berjamaah dan muroja’ah, membentuk disiplin dan tanggung jawab siswa. Metode aktif seperti diskusi dan media interaktif meningkatkan keterampilan berpikir kritis, sedangkan pendekatan personal dan ekstrakurikuler mendukung perkembangan holistik. Faktor pendorong mencakup profesionalisme guru, lingkungan belajar yang kondusif, dan dukungan sekolah. Namun, terdapat hambatan seperti kelelahan siswa akibat jadwal padat, keterbatasan sarana, dan kurangnya dukungan sekolah dalam beberapa aspek. Oleh karena itu, penelitian menegaskan bahwa keberhasilan Full Day School bergantung pada keseimbangan strategi pembelajaran, dukungan lingkungan, serta optimalisasi sarana dan prasarana. Evaluasi dan perbaikan berkelanjutan diperlukan untuk memastikan efektivitas program.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Full day school, Strategi pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 05 Dec 2025 03:41
Last Modified: 05 Dec 2025 03:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28583

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics