Efektivitas model pembelajaran SOBRY terhadap keterampilan komunikasi siswa pada materi rantaimakanan kelas V MI Nashrul Fajar Semarang

Khasanah, Fitrotul (2025) Efektivitas model pembelajaran SOBRY terhadap keterampilan komunikasi siswa pada materi rantaimakanan kelas V MI Nashrul Fajar Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP_FITROTUL KHASANAH_2103096036 - Win Ras] Text (SKRIPSI LENGKAP_FITROTUL KHASANAH_2103096036 - Win Ras)
SKRIPSI LENGKAP_FITROTUL KHASANAH_2103096036 - Win Ras.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya keterampilan komunikasi yang dimiliki peserta didik. Adapun Rumusan masalah penelitian ini : Apakah model pembelajaran SOBRY efektif terhadap keterampilan komunikasi siswa pada materi rantai makanan kelas V di MI Nashrul Fajar Semarang?.
Metodelogi penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen Pre-Experimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu wawancara dan kuesioner. Adapun teknik analisis data menggunakan beberapa Langkah yaitu : uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji Paired sampel t-test, dan uji N-Gain.
Dapat disimpulkan hasil dari penelitian ini bahwa hasil pengujian hipotesis menggunakan paired simple t- test, yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Selain itu, presentasi N-gain yang mencapai 40% juga menunjukkan kategori kurang efektif. Nilai N-Gain rendah disebabkan kurangnya hubungan emosional antara peneliti dan peserta didik, dan pembelajaran kurang kondusif. Dengan demikian, H0 ditolak dan Ha diterima yaitu model pembelajaran SOBRY efektif terhadap keterampilan komunikasi siswa pada materi rantai makanan kelas V MI Nashrul Fajar Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Keterampilan komunikasi; Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 05 Dec 2025 05:35
Last Modified: 05 Dec 2025 05:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28584

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics