Pengaruh model pembelajaran card sort berbantuan media gimkit terhadap keterampilan proses mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas IV MI Miftahus Sibyan

Mufidah, Irma Imroatul (2025) Pengaruh model pembelajaran card sort berbantuan media gimkit terhadap keterampilan proses mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas IV MI Miftahus Sibyan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2103096039_Irma Imro_atul Mufidah_Tugas Akhir - IRMA IMRO_ATUL MUFIDAH 2103096039] Text (2103096039_Irma Imro_atul Mufidah_Tugas Akhir - IRMA IMRO_ATUL MUFIDAH 2103096039)
2103096039_Irma Imro_atul Mufidah_Tugas Akhir - IRMA IMRO_ATUL MUFIDAH 2103096039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya variasi model pembelajaran sehingga pembelajaran masih berpusat pada guru dan kurangnya sumber daya, media, dan alat peraga yang memadai dalam belajar. Dengan model pembelajaran card sort berbantuan media gimkit dapat membantu siswa untuk pembelajaran lebih aktif, menyenangkan, serta dapat meningkatkan keterampilan proses pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran card sort berbantuan media gimkit terhadap keterampilan proses mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas IV MI Miftahus Sibyan. Penelitian ini adalah penelitian Pre-eksperimen Design, dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini menggunakan seluruh populasi menjadi sampel yaitu kelas IV yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji hipotesis (Paired Sample t-test) dan uji korelasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh data akhir yaitu rata-rata nilai pretest 56,14 dan rata-rata nilai posttest 76,81. Pada uji korelasi dengan bantuan software IBM SPSS Statistic 24 menunjukkan hasil sebesar 0,602 dengan koefisien determinasi 60% berkategori kuat. sehingga dapat simpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran card sort berbantuan media gimkit terhadap keterampilan proses peserta didik kelas IV MI Miftahus Sibyan Tugurejo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran card sort; Media gimkit
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 05 Dec 2025 06:36
Last Modified: 05 Dec 2025 06:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28585

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics