Pengaruh model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dengan bantuan media flashcard terhadap kemampuan memahami gagasan dalam teks informatif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Di Min 1 Kendal

Rahma, Yolanda Novita (2025) Pengaruh model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dengan bantuan media flashcard terhadap kemampuan memahami gagasan dalam teks informatif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Di Min 1 Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2103096040_Yolanda Novita Rahma_Full Skripsi - Yolanda Novita Rahma] Text (2103096040_Yolanda Novita Rahma_Full Skripsi - Yolanda Novita Rahma)
2103096040_Yolanda Novita Rahma_Full Skripsi - Yolanda Novita Rahma.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas IV dari tahun ke tahun dalam memahami gagasan dalam teks informatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kemampuan siswa kelas IV MIN 1 Kendal dalam memahami gagasan pada teks informatif tanpa menggunakan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dan media Flashcard, (2) kemampuan siswa dalam memahami gagasan pada teks informatif dengan menggunakan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) berbantuan media Flashcard, dan (3) pengaruh model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) berbantuan media Flashcard terhadap kemampuan memahami gagasan dalam teks informatif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di MIN 1 Kendal. Sampel terdiri dari 30 siswa kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan 28 siswa kelas IV C sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan rata-rata dan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test kelompok eksperimen sebesar 74,17 lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yang memperoleh rata-rata 58,70. Nilai rata-rata pada keseluruhan indikator di kelas eksperimen sebesar 80,5, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang sebesar 57,225. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar -4,367 < ttabel sebesar -1,674 pada taraf signifikansi 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok.

Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) berbantuan media Flashcard terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan memahami gagasan dalam teks informatif pada siswa kelas IV.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Teams Game Tournament (TGT); Flashcard; Quasi Eksperimen
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 05 Dec 2025 06:42
Last Modified: 05 Dec 2025 06:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28586

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics