Pengaruh penerapan scaffolding pada mata pelajaran pendidikan pancasila terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV MI Miftahul Ulum 02 Semarang
Fitriana, Ellya Novia (2025) Pengaruh penerapan scaffolding pada mata pelajaran pendidikan pancasila terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV MI Miftahul Ulum 02 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
2103096044_Ellya Novia Fitriana_Lengkap Tugas Akhir - ELLYA NOVIA FITRIANA 2103096044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan scaffolding pada mata pelajaran pendidikan pancasila terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV MI Miftahul Ulum 02 Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain pre-experimental. Model desain yang digunakan yaitu one-group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan menggunakan purposive sampling dengan sampel kelas IV A. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai posttest setelah diberi penerapan model pembelajaran scaffolding lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pretest sebelum diberi penerapan. Hal itu ditujukan dari perolehan nilai rata – rata, yaitu nilai rata – rata pretest sebesar 56.86 dengan kriteria kemampuan berpikir kritis sedang dan nilai rata – rata posttest sebesar 83.92 dengan kriteria kemampuan berpikir kritis sangat tinggi. Sementara itu, hasil uji-t menggunakan uji paired samples t-test diperoleh nilai t sebesar -20.187 dengan nilai signifikansi 0,000. Nilai -thitung (-20.187) < -ttabel (-2.120), dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Artinya, penerapan model pembelajaran scaffolding memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran scaffolding; Pendidikan Pancasila |
| Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 07:07 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 07:07 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28589 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
