Pengaruh model pembelajaran think talk write berbantu media gambar terhadap kemampuan menulis teks deskripsi pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V MI Baitul Huda Semarang

Agustina, Selvi (2025) Pengaruh model pembelajaran think talk write berbantu media gambar terhadap kemampuan menulis teks deskripsi pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V MI Baitul Huda Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2103096049_Selvi Agustina_Lengkap Tugas Akhir - Selfi Agustina] Text (2103096049_Selvi Agustina_Lengkap Tugas Akhir - Selfi Agustina)
2103096049_Selvi Agustina_Lengkap Tugas Akhir - Selfi Agustina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbantu media gambar terhadap kemampuan menulis teks deskripsi pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V A MI Baitul Huda Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel kelas V A. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Berdasarkan data akhir diperoleh nilai rata-rata pretest 61,83 dan nilai rata-rata posttest adalah 72,5. Dengan menggunakan taraf signifikan 5%, nilai t_hitung adalah 5,527 dan t_tabel adalah 1,699. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai t_hitung= 5,527 > t_tabel= 1,699, sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, sehingga menunjukkan adanya pengaruh. Besar pengaruh (effect size) yang dihitung menggunakan rumus Cohen’s d diperoleh nilai sebesar 1,13 dan termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest, yang berarti model pembelajaran Think Talk Write berbantu media gambar yang diterapkan berpengaruh besar dan efektif terhadap kemampuan menulis teks deskripsi pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V A MI Baitul Huda Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran think talk write; Media gambar; Kemampuan menulis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 05 Dec 2025 07:40
Last Modified: 05 Dec 2025 07:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28592

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics