Upaya guru dalam membina keterampilan sosial siswa kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah 01 Semarang

Handayani, Wahyu Putri (2025) Upaya guru dalam membina keterampilan sosial siswa kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah 01 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2103096070_WAHYU PUTRI HANDAYANI_FULL SKRIPSI - Wahyu putri Handayani] Text (2103096070_WAHYU PUTRI HANDAYANI_FULL SKRIPSI - Wahyu putri Handayani)
2103096070_WAHYU PUTRI HANDAYANI_FULL SKRIPSI - Wahyu putri Handayani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menyoroti pentingnya pembinaan keterampilan sosial siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-khoiriyyah 01 Semarang, dengan fokus pada dua pertanyaan: upaya guru dalam membina keterampilan sosial dan strategi efektif yang digunakan guru dalam membina keterampilan sosial pada siswa kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah 01 Semarang. Jenelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (fild research) dengan pendekatan penelitian kualitatif, melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa guru melaksanakan pembinaan keterampilan sosial melalui berbagai upaya, di antaranya pembiasaan hidup disiplin, penerapan sikap modeling atau keteladanan, pemberian konsekuensi atau sanksi, pemberian penghargaan, pengajaran tanggung jawab, penerapan pembiasaan, pengajaran kolaborasi antar siswa, penerapan kegiatan spontan, pengajaran sikap saling menghargai, pengajaran komunikasi efektif, penyelenggaraan diskusi dalam pembelajaran, pemberian nasihat, serta percontohan melalui soal cerita. Selain itu guru juga menerapkan beragam strategi yang efektif digunakan dalam membina keterampilan sosial siswa, meliputi implementasi aturan pembelajaran dan non-pembelajaran, pelaksanaan kegiatan sekolah seperti kerja bakti, pembinaan sikap sosial secara konsisten, dan evaluasi pembelajaran. Strategi dan upaya tersebut berdampak signifikan terhadap peningkatan keterampilan siswa, menjadikan mereka lebih disiplin, patuh kepada guru, jera atas kesalahan, mampu mengekspresikan diri, bertanggung jawab, percaya diri di depan umum, menghargai perbedaan pendapat, berinteraksi positif dengan teman, serta memiliki empati dan kepercayaan diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru; Keterampilan sosial; Siswa; Madrasah ibtidaiyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 08 Dec 2025 01:56
Last Modified: 08 Dec 2025 01:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28614

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics