Strategi guru kelas dalam mengatasi disgrafia melalui bimbingan motorik halus dan menulis terstruktur pada kelas III di Sekolah Dasar Al-Mardliyah Kaliwungu

Fadhlina, Halwa Amilah (2025) Strategi guru kelas dalam mengatasi disgrafia melalui bimbingan motorik halus dan menulis terstruktur pada kelas III di Sekolah Dasar Al-Mardliyah Kaliwungu. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2103096076_HALWA AMILAH FADHLINA_FULL SKRIPSI - thoriq aziz] Text (2103096076_HALWA AMILAH FADHLINA_FULL SKRIPSI - thoriq aziz)
2103096076_HALWA AMILAH FADHLINA_FULL SKRIPSI - thoriq aziz.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas strategi guru kelas dalam mengatasi disgrafia melalui bimbingan belajar pada siswa kelas III di SD Al-Mardliyah Kaliwungu Selatan. Disgrafia merupakan kesulitan belajar yang memengaruhi kemampuan menulis, yang dapat menghambat proses pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi bimbingan belajar yang diterapkan oleh guru dalam membantu siswa mengatasi disgrafia serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan strategi tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan meliputi penguatan motorik halus, dan menulis terstruktur. Faktor pendukung keberhasilan strategi ini mencakup dukungan guru yang memahami kebutuhan siswa dan adanya fasilitas pembelajaran. Adapun faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu dan fasilitas serta kurangnya pemahaman orang tua tentang pentingnya intervensi disgrafia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Disgrafia; Bimbingan belajar; Guru kelas; Pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 08 Dec 2025 02:09
Last Modified: 08 Dec 2025 02:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28620

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics