Efektivitas penggunaan model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap keterampilan kolaborasi siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Muhammadiyah Plus Semarang

Sholihah, Amilatus (2025) Efektivitas penggunaan model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap keterampilan kolaborasi siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Muhammadiyah Plus Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 210309677_Amilatus Sholihah_Lengkap Tugas Akhir - AMILATUS SHOLIHAH 2103096077] Text (210309677_Amilatus Sholihah_Lengkap Tugas Akhir - AMILATUS SHOLIHAH 2103096077)
210309677_Amilatus Sholihah_Lengkap Tugas Akhir - AMILATUS SHOLIHAH 2103096077.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas penerapan model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) terahadap keterampilan kolaborasi siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Muhammadiyah Plus. Pendekatan penelitian yang dipilih adalah metode kuantitatif eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre Eksperimental One Group Pretest Post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah Plus yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas A dan kelas B. sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling, dimana kelas B dipilih sebagai sampel penelitian dengan jumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode angket, wawancara dan dokumentasi. Efektivitas penggunaan model pembelajaran Rotating Trio Exchange ditentukan berdasarkan keterampilan kolaborasi siswa melalui pemberian angket pretest-posttest yang diuji menggunakan uji normalitas, setelah itu melakukan uji paired sample t test, dan analisis uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai rata-rata 0,3199 dengan kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Rotating Trio Exchange cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa kelas IV di SD Muhammadiyah Plus Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran rotating trio exchange; Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 08 Dec 2025 02:21
Last Modified: 08 Dec 2025 02:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28622

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics