Penerapan metode suku kata berbantu media kartu kata dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I di SD Al-Khotimah Semarang
Hidayah, Nur (2025) Penerapan metode suku kata berbantu media kartu kata dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I di SD Al-Khotimah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
2103096081_Nur Hidayah_Full Skripsi - NUR HIDAYAH 2103096081.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Kemampuan membaca menjadi kunci dalam memahami semua mata pelajaran dan kesulian membaca kerap menjadi penyebab utama kegagalan belajar peserta didik. Metode suku kata menjadi salah satu cara efektif meningkatkan kemampuan membaca siswa. SD Al-khotimah Semarang salah satu sekolah yang menggunakan metode suku kata berbantu media kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan metode suku kata dengan bantuan media kartu kata dalam meningkatkan kemampuan membaca serta, menganalisis faktor pendukung dan penghambat penggunaan metode suku kata berbantu media kartu kata dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 di SD Al-Khotimah Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode suku kata dengan bantuan media kartu kata dapat mempermudah siswa dalam mengenali, mengucapkan, dan memahami suku kata secara bertahap, sehingga kemampuan membaca meningkat secara signifikan. Faktor pendukung keberhasilan metode ini adalah keterlibatan aktif siswa dan penggunaan media visual yang menarik. Adapun faktor penghambatnya yaitu keterbatasan waktu pembelajaran dan perbedaan tingkat kemampuan membaca antar siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kemampuan membaca; Suku kata; Siswa |
| Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 03:13 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 03:13 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28630 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
