Pengaruh model pembelajaran kelompok berbantu permainan tradisional engklek terhadap kemampuan berpikir kritis materi pancasila siswa kelas III MI Takhasus Darul Ulum Semarang Tahun 2024/2025

Asiroh, Nova Hikayatul (2025) Pengaruh model pembelajaran kelompok berbantu permainan tradisional engklek terhadap kemampuan berpikir kritis materi pancasila siswa kelas III MI Takhasus Darul Ulum Semarang Tahun 2024/2025. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2103096090_Nova Hikayatul Asiroh_Full Skripsi - Nova Hika] Text (2103096090_Nova Hikayatul Asiroh_Full Skripsi - Nova Hika)
2103096090_Nova Hikayatul Asiroh_Full Skripsi - Nova Hika.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai pengaruh model pembelajaran kelompok berbantu permainan tradisional engklek terhadap kemampuan berfikir kritis materi Pancasila Siswa kelas III MI Takhasus Darul Ulum Semarang. Mempunyai tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kelompok berbantu permainan tradisional engklek terhadap kemampuan berpikir kritis materi Pancasila kepada siswa kelas III di MI Takhasus Darul Ulum Semarang. Desain penelitian ini adalah sampling jenuh Seluruh siswa kelas III MI Takhasus Darul Ulum Semarang adalah populasi yang dijadikan sebagai sampel. Langkah awal pengolahan data dihasilkan dari pretest dengan nilai rata-rata 53,43 dan posttest dengan rata-rata nilai 87,13. selanjutnya analisis data menggunakan uji normalitas dengan hasil 0,321 > 0,05 artinya berdistribusi normal, tahap selanjutnya hasil dari hipotesis menggunakan regresi linear sederhana dengan hasil dari pengujian ini yaitu thitung 4,811 > ttabel 1,721 yaitu artinya Ho ditolak sedangkan Ha diterima maka terdapat pengaruh permainan tradisional engklek terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas III pada materi simbol-simbol sila Pancasila. Besarnya pengaruh yaitu 0,524 bahwa pengaruh permainan tradisional engklek terhadap kemampuan berfikir kritis adalah sebesar 52,4% sedangkan 47,6% oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Permainan tradisional engklek; Kemampuan berfikir kritis; Media pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 08 Dec 2025 03:31
Last Modified: 08 Dec 2025 03:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28636

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics