Pengaruh model dramatic learning berbantu boneka tangan terhadap ketrampilan bercerita siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang

Ayuwantari, Mardita (2025) Pengaruh model dramatic learning berbantu boneka tangan terhadap ketrampilan bercerita siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2103096097_Mardita Ayuwantari_Full Skripsi - Mardhita Ayu] Text (2103096097_Mardita Ayuwantari_Full Skripsi - Mardhita Ayu)
2103096097_Mardita Ayuwantari_Full Skripsi - Mardhita Ayu.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dan seberapa besar pengaruh model dramatic learning berbantu boneka tangan terhadap keterampilan bercerita siswa pada pelajaran bahasa Indonesia kelas II SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian One Group Pretest Posttest. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan tes yang mana pelaksanaannya dilakukan di kelas IIB dengan jumlah 26 siswa. Adapun teknik analisis data penelitian ini yaitu uji prasyarat normalitas, analisis data statistic deskriptif dan uji hipotesis (uji-t dan effect size). Berdasrkan data yang diperoleh nilai rata-rata pretest 58,31 dan nilai rata-rata posttest sebesar 78,62 Hasil uji-t (paired sample t-test) dengan hasil p = 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha di terima maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model dramatic leraning berbantu boneka tangan berpengaruh terhadap keterampilan bercerita. Pada hasil size effect (uji pengaruh) diperoleh hasil 2.14 yang termasuk dalam kategori tinggi, sesuai kriteria Cohen’s d, karena nilai 2.14 lebih besar dari 0.8. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh besar pada penggunaan model dramatic leraning berbantu boneka tangan terhadap keterampilan bercerita siswa pada pelajaran bahasa indonesia kelas II SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dramatic learning; Boneka tangan; Keterampilan bercerita
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 08 Dec 2025 03:43
Last Modified: 08 Dec 2025 03:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28639

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics