Pengaruh brand awareness, brand image, dan brand personality terhadap keputusan berlangganan layanan hiburan digital Netflix di Kota Semarang

Raffi, Muhammad Sultanur (2025) Pengaruh brand awareness, brand image, dan brand personality terhadap keputusan berlangganan layanan hiburan digital Netflix di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2005056070_Muhammad_Sultanur_Raffi] Text (Skripsi_2005056070_Muhammad_Sultanur_Raffi)
Skripsi_2005056070_Muhammad_Sultanur_Raffi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Di Indonesia, layanan hiburan digital Netflix menduduki peringkat 1 pada tahun 2023, namun pertumbuhannya lambat karena banyak orang yang tidak berlangganan secara resmi. Sekitar 70 juta orang berbagi kata sandi untuk mengakses layanan tersebut. Pada tahun 2024, Netflix menempati posisi kedua di Kota Semarang, Meskipun hasil survei menunjukkan bahwa hanya 16% pengguna yang mengakses layanan tersebut secara resmi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brand awareness, brand image, dan brand personality terhadap keputusan berlangganan Netflix. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, populasi penelitian ini adalah masyarakat di Kota Semarang. Teknik pengumpulan sampel menggunakan rumus lemeshow dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan program SPSS 27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel brand awareness, brand image, dan brand Personality berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berlangganan layanan hiburan digital Netflix di Kota Semarang. Hasil Penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi pelaku perusahaan digital untuk meningkatkan strategi pemasaran layanan hiburan digital dan pelaku affiliate marketing untuk memberikan peluang pendapatan pasif bagi pemasar yang terampil dengan memanfaatkan layanan hiburan digital yang sudah populer dan banyak digunakan.

ABSTRACT:
In Indonesia, the digital entertainment service Netflix is ranked 1st in 2023, but its growth is slow because many people do not officially subscribe. About 70 million people share passwords to access the service. In 2024, Netflix will occupy second place in the city of Semarang, although survey results show that only 16% of users access the service officially. The purpose of this research is to determine the influence of brand awareness, brand image, and brand personality on the decision to subscribe to Netflix. This type of research is quantitative, the population of this research is the people of Semarang City. The sample collection technique uses the lemeshow formula with a sample size of 100 respondents. Data analysis used in this research uses multiple regression analysis with the SPSS 27 program. The results of this research show that the variables brand awareness, brand image and brand personality have a positive and significant effect on the decision to subscribe to the Netflix digital entertainment service in Semarang City. The results of this research can be a consideration for digital companies to improve their marketing strategies for digital entertainment services and affiliate marketers to provide passive income opportunities for skilled marketers by utilizing digital entertainment services that are already popular and widely used.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Brand awareness; Brand image; Brand personality; Keputusan berlangganan; Layanan hiburan; Netflix
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 08 Dec 2025 06:20
Last Modified: 08 Dec 2025 06:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28648

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics