Pengaruh pengetahuan tentang halal lifestyle, trend hijab fashion, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk fashion halal : studi pada mahasiswi muslim di Kota Semarang
Ni'mah, Alfiyatun (2025) Pengaruh pengetahuan tentang halal lifestyle, trend hijab fashion, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk fashion halal : studi pada mahasiswi muslim di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_2105056023_Alfiyatun_Ni'mah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Halal Lifestyle menjadi bagian penting dari gaya hidup generasi muda Muslim, termasuk dalam memilih produk fashion yang sesuai dengan prinsip syariat Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan tentang halal lifestyle, trend hijab fashion, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk fashion halal pada mahasiswi Muslim di Kota Semarang. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap sampel mahasiswi Muslim sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk pengumpulan data, yang kemudian dianalisis dengan regresi linier berganda dan uji-t. Pengujian dilakukan dengan perangkat lunak pengolah data, khususnya SPSS 22. Hasil menunjukkan bahwa halal lifestyle dan kualitas produk memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai t-hitung sebesar 2,559 dan 8,130, serta nilai p-value sebesar 0,012 dan 0,000. Sebaliknya, trend hijab fashion tidak memiliki pengaruh yang signifikan tehadap keputusan pembelian. Hasil uji-t untuk trend hijab fashion menunjukkan nilai t-hitung sebesar 0,319 dan nilai p-value sebesar 0,751. Jadi, nilai p-value tersebut melebihi 0,05 menandakan bahwa variabel tersebut tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion halal. Penelitian ini mengindikasikan pentingnya edukasi mengenai fashion halal serta kualitas produk yang sesuai dengan preferensi konsumen Muslim. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pemasaran dan peningkatan kesadaran konsumen terhadap produk fashion halal.
ABSTRACT:
Halal lifestyle has become an important part of the lifestyle of the younger Muslim generation, including in choosing fashion products that comply with Islamic principles. This study aims to analyze the influence of knowledge about halal lifestyle, hijab fashion trends, and product quality on the purchasing decisions of halal fashion products among Muslim female students in Semarang City. This research uses a quantitative approach with a survey method involving 100 Muslim female respondents. Data were collected through questionnaires and analyzed using multiple linier regression and t-tests. The analysis was conducted using SPSS 22 software. The results show that halal lifestyle and product quality have a positive and significant influence on purchasing decisions, with t-values of 2,559 and 8,130, and p-values of 0,012 and 0,000, respectively. On the other hand, hijab fashion trend does not significantly influence purchasing decisions, as indicated bt a t-value of 0,319 and p-value 0,751. Since the p-value exceeds 0,05, it indicates that this variable does not significantly affect the decision to purchase halal fashion products. This research highlights the importance of education on halal fashion and the need for product quality that meets the preferences of Muslim consumers. It contributes to the development of marketing strategies and the enhancement of consumer awareness regarding halal fashion products.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan; Halal lifestyle; Trend; Hijab fashion; Kualitas produk; Keputusan pembelian; Fashion halal |
| Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen |
| Depositing User: | Miswan Miswan |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 02:29 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 02:29 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28664 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
