Pengaruh green marketing, environmental concern, dan label halal terhadap keputusan pembelian pada konsumen produk skincare Garnier : studi kasus Pondok Pesantren “Mbah Rumi” Ngaliyan Kota Semarang

Faizah, Nur (2025) Pengaruh green marketing, environmental concern, dan label halal terhadap keputusan pembelian pada konsumen produk skincare Garnier : studi kasus Pondok Pesantren “Mbah Rumi” Ngaliyan Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2105056025_Nur_Faizah] Text (Skripsi_2105056025_Nur_Faizah)
Skripsi_2105056025_Nur_Faizah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh green marketing, environmental concern, dan label halal terhadap keputusan pembelian pada konsumen produk skincare Garnier di Pondok Pesantren “Mbah Rumi” Ngaliyan Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Data diperoleh melaui penyebaran kuisioner pada 90 responden yang merupakan santri pesantren yang menggunakan produk Garnier. Analisis data menggunakan analisis regresi linier bergdana program SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel green marketing dan environmental concern berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel label halal memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Ini mengindikasikan bahwa keberadaan label halal justru menurunkan keputusan pembelian konsumen Garnier di Pondok Pesantren “Mbah Rumi” Ngaliyan Kota Semarang.
Penelitian ini memberikan kontribusi bagi perusahaan skincare seperti Garnier dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif untuk meningkatkan pembelian produk dengan mempertimbangkan faktor lingkungan dan keberlanjutan serta kehalalan produk. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi referensi bagi pengembangan ilmu pemasaran produk, khususnya terkait green marketing dan perilaku konsumen muslim.

ABSTRACT:
This study aims to analyze the influence of green marketing, Environmental Concern, dan Halal Label on Purchase Decision of Garnier skincare product consumers at the “Mbah Rumi” Ngaliyan Islamic Boarding School, Semarang City. The research method used in this study is quantitative with an associative approach. Data obtained through the distribution of questionnaires to 90 respondents who are Islamic boarding school students who use Garnier products. Data analysis using multiple linear regression analysis of the SPSS program.
The results of the study indicate that the variables of green marketing dan environmental concern have a significant positive effect on purchase decision. While the halal label variable has a negative dan significant effect on purchase decision. This indicates that the presence of the halal label actually reduces the purchasing interest of Garnier consumers at the “Mbah Rumi” Islamic Boarding School in Ngaliyan, Semarang City.
This study contributes to skincare companies such as Garnier in developing more effective marketing strategies to increase product purchases by considering environmental factors dan the desire dan halalness of the product. In addition, this study can also be a reference for the development of product marketing science, especially related to green marketing dan Muslim consumer behavior.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Green marketing; Environmental concern; Label halal; Keputusan pembelian; Produk skincare
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Dec 2025 02:40
Last Modified: 09 Dec 2025 02:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28667

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics