Pengaruh penggunaan aplikasi e-wallet dan gaya hidup hedonisme terhadap perilaku konsumtif dikalangan anak muda : studi kasus generasi Z di Kota Semarang
Safitri, Endang Rahmawati (2025) Pengaruh penggunaan aplikasi e-wallet dan gaya hidup hedonisme terhadap perilaku konsumtif dikalangan anak muda : studi kasus generasi Z di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_2105056027_Endang_Rahmawati Safitri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mendorong perubahan signifikan dalam pola konsumsi masyarakat, khususnya dikalangan generasi Z. salah satu inovasi yang berperan besar adalah penggunaan aplikasi e-wallet yang menawarkan kemudahan dan manfaat dalam bertransaksi. Di sisi lain, gaya hidup hedonisme yang menekankan pada pencapaian kesenangan sesaat juga mempengaruhi kecenderungan dalam berperilaku konsumtif. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan aplikasi e-wallet dan gaya hidup hedonisme terhadap perilaku konsumtif di kalangan generasi Z di kota Semarang, baik secara persial maupun secara simultan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menganalisis data yang diperoleh. Populasi dalam penelitian ini adalah anak muda khususnya yang termasuk dalam generasi Z dan berdomisili di Kota Semarang. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, yang diolah menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS. Dalam penelitian ini, variabel independen terdiri dari penggunaan e-wallet dan gaya hidup hedonisme, sementara variabel dependen yang diteliti adalah perilaku konsumtif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan e-wallet dan gaya hidup hedonisme memiliki pengaruh positif terhadap perilaku konsumtif pada generasi Z. berdasarkan nilai koefisien determinasi (R square), diketahui bahwa variabel independen tersebut memberikan kontribusi sebesar 0,580 terhadap perubahan perilaku konsumtif. Artinya, 58% perilaku konsumtif generasi Z dapat dijelaskan oleh pengaruh penggunaan e-wallet dan gaya hidup hedonisme, sementara sisanya yaitu 42% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
ABSTRACT:
The development of digital technology has driven significant changes in people's consumption patterns, especially among generation Z. One of the innovations that plays a major role is the use of e-wallet applications that offer convenience and benefits in transactions. On the other hand, a hedonistic lifestyle that emphasizes achieving momentary pleasure also influences the tendency to behave in a consumptive manner. This study aims to analyze the effect of the use of e-wallet applications and a hedonistic lifestyle on consumptive behavior among generation Z in the city of Semarang, both partially and simultaneously.
This study uses a quantitative approach to analyze the data obtained. The population in this study were young people, especially those included in generation Z and domiciled in the city of Semarang. The sample determination was carried out using a purposive sampling technique, with a total of 100 respondents. The data analysis technique used was multiple linear regression, which was processed using SPSS software. In this study, the independent variables consisted of the use of e-wallets and a hedonistic lifestyle, while the dependent variable studied was consumptive behavior.
The results of this study indicate that the use of e-wallets and a hedonistic lifestyle have a positive influence on consumer behavior in generation Z. Based on the coefficient of determination (R square), it is known that the independent variable contributes 0.580 to changes in consumer behavior. This means that 58% of generation Z's consumer behavior can be explained by the influence of e-wallet use and a hedonistic lifestyle, while the remaining 42% is influenced by other factors not discussed in this study.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | E-wallet; Gaya hidup; Hedonisme; Generasi Z; Perilaku konsumtif |
| Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen |
| Depositing User: | Miswan Miswan |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 02:59 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 02:59 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28673 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
