Pengaruh social media marketing, aksesibilitas, dan fasilitas terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Pantai Menganti Kebumen dengan citra destinasi sebagai variabel intervening

Utami, Hikmah (2025) Pengaruh social media marketing, aksesibilitas, dan fasilitas terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Pantai Menganti Kebumen dengan citra destinasi sebagai variabel intervening. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2105056035_Hikmah_Utami] Text (Skripsi_2105056035_Hikmah_Utami)
Skripsi_2105056035_Hikmah_Utami.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pantai Menganti merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Kebumen yang cukup terkenal dengan jumlah kunjungannya yang banyak. Sejak awal diresmikan hingga sekarang Pantai Menganti masih memiliki banyak peminat. Namun demikian, adanya ketidak konsistenan jumlah kunjungan wisatawan dibeberapa tahun terakhir yang mengalami naik turun perlu di telisik kembali mengapa masalah tersebut bisa terjadi dan aspek apa saja yang dapat berperan dalam menentukan pilihan seseorang untuk mengunjungi suatu tempat. Studi ini dilakukan untuk menganalisis bagaimana social media marketing, aksesibilitas, dan fasilitas memengaruhi keputusan berkunjung wisatawan ke Pantai Menganti Kebumen dengan citra destinasi sebagai variabel intervening.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel penelitian ini melibatkan 100 responden yang terdiri dari wisatawan yang telah atau sedang menikmati kunjungan ke Pantai Menganti Kebumen dan aktif menggunakan media sosial. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket (kuesioner), lalu diproses dan dianalisis melalui perangkat lunak IBM SPSS versi 22. Proses pengolahan data mencakup uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis jalur, serta uji sobel untuk menguji efek mediasi.
Temuan penelitian mengindikasikan bahwa social media marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. Aksesibilitas memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan berkunjung. Fasilitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. Hasil uji sobel menyatakan bahwa citra destinasi mampu memediasi pengaruh social media marketing terhadap keputusan berkunjung, aksesibilitas terhadap keputusan berkunjung, dan fasilitas terhadap keputusan berkunjung.

ABSTRACT:
Menganti Beach is one of the tourist attractions in Kebumen Regency which is quite famous for its large number of visits. Since its inauguration until now, Menganti Beach still has many enthusiasts. However, the inconsistent number of tourist visits in the last few years which has fluctuated needs to be re-examined why this problem can occur and what aspects can play a role in determining someone's choice to visit a place. This study was conducted to analyze how social media marketing, accessibility, and facility influence tourists' decision to visit Menganti Beach, Kebumen with destination image as an intervening variable.
This study uses a quantitative approach with a purposive sampling technique. The sample of this study involved 100 respondents consisting of tourists who have or are enjoying a visit to Menganti Beach, Kebumen and are actively using social media. Data were collected using a questionnaire, then processed and analyzed using IBM SPSS software version 22. The data processing process includes research instrument testing, classical assumption testing, hypothesis testing, path analysis, and the Sobel test to test the mediation effect.
The research findings indicate that social media marketing has a positive and significant influence on visiting decisions. Accessibility has a positive and insignificant influence on the decision to visit. Facility have a positive and significant influence on the decision to visit. The results of the Sobel test state that destination image is able to mediate the influence of social media marketing on the decision to visit, accessibility on the decision to visit, and facility on the decision to visit.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Social media; Marketing; Aksesibilitas; Fasilitas; Citra destinasi; Keputusan berkunjung; Destinasi wisata
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Dec 2025 04:40
Last Modified: 09 Dec 2025 04:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28686

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics