Pengaruh penerapan metode snowball throwing berbantu media spinning wheel terhadap kemampuan kognitif siswa materi peristiwa alam kelas V MI Darul Ulum Ngaliyan

Zahroh, Nila (2025) Pengaruh penerapan metode snowball throwing berbantu media spinning wheel terhadap kemampuan kognitif siswa materi peristiwa alam kelas V MI Darul Ulum Ngaliyan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2103096107_Nila Zahroh_Full Skripsi - Nila Zahroh] Text (2103096107_Nila Zahroh_Full Skripsi - Nila Zahroh)
2103096107_Nila Zahroh_Full Skripsi - Nila Zahroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Snowball Throwing berbantu media Spinning Wheel terhadap kemampuan kognitif siswa materi peristiwa alam kelas V MI Darul Ulum Ngaliyan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasy Experimental dengan bentuk Pretest-Postest Control Group Design. Jenis pengambilan sampel yang digunakan adalah probability dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu, kelas 5 Abdurrahman bin Auf dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas 5 Salman dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data yang diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 69,83 dan kelas kontrol 63. Sedangkan, nilai postest kelas eksperimen adalah 86,83 dan kelas kontrol adalah 70. Berdasarkan hasil Independen Sample t-test diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan t_hitung -7.415 < t_tabel -2,001 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode Snowball Throwing berbantu media Spinning Wheel terhadap kemampuan kognitif siswa materi peristiwa alam kelas V MI Darul Ulum Ngaliyan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Snowball throwing; Spinning wheel; Metode pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Dec 2025 01:48
Last Modified: 10 Dec 2025 01:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28698

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics