Pengaruh komunikasi pemasaran, harga, dan brand image terhadap keputusan pembelian produk IM3 platinum/pascabayar : studi pada pengguna IM3 pascabayar Indosat Ooredoo Hutchison Kota Semarang

Anggara, Andhika Shafa (2025) Pengaruh komunikasi pemasaran, harga, dan brand image terhadap keputusan pembelian produk IM3 platinum/pascabayar : studi pada pengguna IM3 pascabayar Indosat Ooredoo Hutchison Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2105056040_Andhika_Shafa_Anggara] Text (Skripsi_2105056040_Andhika_Shafa_Anggara)
Skripsi_2105056040_Andhika_Shafa_Anggara.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan industri telekomunikasi di Indonesia yang sangat pesat melahirkan persaingan antara perusahaan provider telekomunikasi dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap akses internet. Penyedia layanan telekomunikasi di era digital yang kompetitif ini dituntut untuk memahami faktor-faktor penentu keputusan pembelian konsumen. Dengan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran komunikasi pemasaran, harga, dan brand image terhadap keputusan pembelian pada pengguna produk IM3 platinum/pascabayar Indosat Ooredoo Hutchison di Kota Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif terhadap 85 responden pengguna produk IM3 platinum/pascabayar. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling yang tidak semua populasi menjadi sampel dengan teknik purposive sampling yang setiap responden dipilih melalui karakteristik tertentu sesuai dengan tujuan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan variabel komunikasi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk IM3 platinum/pascabayar, variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk IM3 platinum/pascabayar, sedangkan variabel brand image tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian kartu IM3 platinum/pascabayar. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dan informasi kepada perusahaan Indosat Ooredoo Hutchison Semarang terkait komunikasi pemasaran, harga, dan brand image produk IM3 platinum/pascabayar.

ABSTRACT:
The very rapid growth of the telecommunications industry in Indonesia has given rise to competition between telecommunications provider companies and the increasing public need for internet access. Telecommunication provider service providers in this competitive digital era are required to understand the determinants of consumer purchasing decisions. With this background, this study aims to analyze the role of marketing communication, price, and brand image on purchasingdecisions of IM3 platinum/postpaid Indosat Ooredoo Hutchison product users in Semarang City.
This study uses a quantitative approach methode to 85 respondents who are IM3 platinum/postpaid product users. In data collection, this study uses a non-probability sampling method that not all population are sampled with a purposive sampling technique that each respondent is selected throuought certain characteristics according to the research objective.
The result of the study indicate that the marketing communication variable has a positive and significant effect on the purchasing decision of IM3 platinum/postpaid product, the price variable has a positive and significant effect on the purchasing decision of IM3 platinum/postpaid product, while the brand image variable does not affect the purchasing decision of IM3 platinum/postpaid cards. The findings of this study are expected toprovide contributions and information to the Indosat Ooredoo Hutchison Semarang company regarding marketing communications, prices, and brand image of IM3 platinum/postpaid products.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi pemasaran; Harga; Brand image; Keputusan pembelian; IM3 Pascabayar
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Dec 2025 01:48
Last Modified: 10 Dec 2025 01:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28700

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics