Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif game edukasi wordwall terhadap hasil belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN Karangawen 1 Kab. Demak

Ningrum, Linda Setya (2025) Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif game edukasi wordwall terhadap hasil belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN Karangawen 1 Kab. Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2103096108_LindaSetyaNingrum_Lengkap Tugas Akhir - Lindaa Setya Ningrum] Text (2103096108_LindaSetyaNingrum_Lengkap Tugas Akhir - Lindaa Setya Ningrum)
2103096108_LindaSetyaNingrum_Lengkap Tugas Akhir - Lindaa Setya Ningrum.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran konvensional dan tidak bervariasi mengakibatkan peserta didik kurang bersemangat dalam proses pembelajaran dan akan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif game edukasi Wordwall terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN Karangawen 1 di Jl. Raya Karangawen No. 70 Brambang, Kec. Karangawen Kab. Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode (Quasi Experimental) dengan desain penelitian Nonequivalent control grup design. Sampel penelitian ini yaitu purposive sampling yang terdiri dari 44 peserta didik kelas IV yaitu 25 peserta didik kelas IV C sebagai kelas eksperimen dan 19 peserta didik kelas IV D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pengaruh 2 variabel yaitu menggunakan Independent Sample T-Test yang mendapatkan nilai t_hitung = 3,701 > nilai t_tabel = 2,018 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,001 < 0,05, maka H_1 diterima. Adapun rata-rata nilai post-test yang signifikasi diperoleh kelas eksperimen lebih unggul daripada kelas kontrol yaitu 75,6 > 55,263. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif game edukasi wordwall terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN Karangawen 1 kab. Demak tahun ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Game edukasi wordwall; Hasil belajar; Mata pelajaran IPAS
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Dec 2025 01:53
Last Modified: 10 Dec 2025 01:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28702

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics